Pages

08 October, 2016

[Review buku] The silence of the lambs

Judul: The silence of the lambs
Penulis: Thomas harris
Dimensi: 480 hlm, 20 cm, cetakan kedua november 2012
ISBN: 978 979 22 9075 2

Dr. Hannibal Lecter seorang psikiatri terhebat yang pada akhirnya membunuh 9 orang dengan sadis hingga dijuluki sosiopat. Namun, kecerdasan dan pendapatnya dalam bidang ilmu perilaku masih tetap dipertimbangkan eski ia telah menjadi tahanan. Terlebih dalam menganalisa psikologi pembunuhan berantai--seperti Buffalo bill--yang sedang berusaha dipecahkan oleh FBI. Namun bukan perkara mudah membuatnya berbicara dan mau diajak bekerja sama. Terakhir kali, ia menggigit hingga rusak wajah petugas FBI yang berusaha mewawancarainya. Hingga ia mendapat penahanan khusus dan ganda, amat berbeda dengan sel tahanan lain di rumah sakit jiwa.

Adalah Clarice Starling, petugas FBI wanita muda yang masih menempuh akademi, dipilih oleh Jack Crawford untuk mewawancarai Lecter. Kesan kunjungan pertama Starling ternyata berhasil membuat Lecter mau bicara. Namun, mereka berpacu dengan waktu. Sementara Starling menghabiskan waktu mengorek informasi dari Lecter, pembunuh berantai yang dijuluki Buffalo bill sibuk menghabisi korban kelimanya, seorang wanita bertubuh besar yang dikuliti tubuhnya lalu dibuang ke sungai. Bahkan, korban keenamnya adalah anak dari Senator Martin. Akankah Lecter membantu pemecahan masalah ini, atau seperti biasanya ia akan mempermainkan perasaan semua orang dan mengambil kesempatan?

Sebenarnya saya sudah menonton film hannibal lecter ini. Tapi, membaca novelnya ternyata tetap lebih seru sebab jauh lebih detil. Juga menambah wawasan tentang psikologi dan ilmu serangga, utamanya ngengat. Meski banyak sekali typo, tidaklah mengurangi keseruan isi novel ini.

Judul novel ini berkaitan dengan masa lalu clarice starling.Covernya berkaitan dengan psikologi pembunuh. Saya salut pada kecerdasan lecter menganalisa perilaku orang bahkan hingga masa lalunya dalam pertemuan pertama. Ia tokoh villain dalam novel ini. Bahkan endingnya pun menyiratkan kemenangan dengan cara lecter.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

"Kepemimpinan adalah bakat alam yang tidak bisa ditiru dengan teknik-teknik secanggih apa pun." (H.256)

Meta morfillah

1 comment:

  1. Baca reviewnya aja sudah memikat dengan cerita yang menegangkan. Gimana pas baca langsung. Jadi pengen baca buku ini juga. Mungkin nanti bisa berjodoh.

    ReplyDelete

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik