Pages

15 August, 2014

Aku sakit?

"Akhir-akhir ini kamu makin sibuk."

"Tidak, masih seperti biasa, kok."

"Kamu makin sering begadang. Apa yang sedang kamu kerjakan atau pikirkan?"

"Tidak ada. Hanya sedang sulit tidur. Tidur lama pun rasanya tak nyenyak. Kurang berkualitas."

"Iya, terlihat sekali bahwa kamu lelah."

"Tidak, kok."

"Syarafmu sepertinya agak tegang. Kuperhatikan, sudah dua hari ujung alis sebelah kirimu berkedut-kedut kencang."

"Tak apa, tak berpengaruh ke produktivitasku, kok."

"Sampai kapan kamu akan selalu berkilah? Berpura-pura bahwa kamu baik-baik saja? Kamu juga manusia. Kamu lelah, sesekali tak berdaya. Katakanlah bila kamu memang tak bisa. Katakan bahwa kamu sedang tak baik-baik saja. Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri."

"Aku baik-baik saja."

***

Pagi ini aku tak baik-baik saja.

Terbangun dengan rasa sesak di dada. Lalu tiba-tiba menangis begitu deras, hingga sesenggukan. Tanpa tahu apa yang sedang kutangisi. Namun setelahnya, aku merasa sedikit lega. Ini sungguh aneh. Belum pernah aku seperti ini.

Saat mandi, aku menangis lagi. Tanpa tahu apa yang sebenarnya kutangisi. Apakah menangis itu candu? Sekali kamu menangis, terus-terusan dan tak berhenti? Tapi aku merasa puas setelahnya. Ini sungguh aneh. Belum pernah aku seperti ini.

Saat menatap pantulan wajah di cermin, rasanya aku tak mengenal sosok di dalam cermin itu. Wajah letih, mata sembap sehabis menangis, tak ada senyum. Benarkah itu wajahku? Tidak... Tidak... Aku tak suka wajah itu. Kasihan orang lain yang melihatnya. Bisa-bisa mereka akan tertulas virus negatif darinya. Kupilih sebuah topeng senyuman. Kupasang pada wajah itu. Nah... Begini baru pas. Orang-orang hanya boleh merasakan aura positif saat berada di dekatku. Senyum seperti ini, pastilah membahagiakan mereka.

Apalah arti sebuah kebahagiaan bagi diriku, bila aku dapat membahagiakan beberapa orang dengan senyuman palsu?
Bukankah berkorban satu jiwa, lebih baik demi kemaslahatan banyak jiwa?


Sepertinya aku sakit.

Ya.. Aku sakit.

Tanpa tahu sebenarnya apa sakitku? Apa yang membuatku sakit?


Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget