Pages

24 March, 2024

[Review buku] You do you


Judul: You do you
Penulis: Fellexandro Ruby
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: xiii + 236 hlm, cetakan kedua Desember 2020, (edisi digital di ipusnas)
ISBN: 9786020649344

Tertarik baca buku ini karena dengar podcast TDOL dan pernah sekali liat penulis review beberapa buku self improvement di youtubenya. Pengin tahu isi pikirannya sebab buku yang direview menarik semua dan beberapa udah pernah dibaca. Lalu saat baca, memang rasanya seseru dengerin podcastnya. Gaya bahasanya asyik, ringan, dan ngalir. Kelebihan lainnya kaya referensi/data dan kayak intisari dari bacaan best seller lainnya.

Jadi pas baca ini langsung teringat ponakan yang lagi kuliah dan rekomendasiin dia buat baca. Sebab stylenya cocok sama gen Z/milenial usia 20-30an. Apalagi yang sedang banyak kegalauan akan career, money, dll cukup menjawab bila baca buku ini. Topik utamanya adalah self awareness.

Garis besarnya kayak gini:
Bab 1 bertemu dengan diri sendiri (penulis memahami dirinya berdasarkan teori DISC yang dia share juga linknya di sini, serta gaya belajar VAKS/Visual Auditory Kinestetik Sensory)
Bab 2 bertemu dengan ikigai (penulis menjelaskan objek yang memberikan alasan untuk hidup, bisa keluarga, anak, Impian. Tidak melulu pekerjaan/uang. 
Ikigai bukan hanya soal apa yang mau kita lakukan dalam hidup, tapi juga soal kita mau menjadi siapa, menjadi manusia yang seperti apa. Sehingga kebahagiaan-kebahagiaan kecil dalam keseharian yang dalam jangka panjang akan membuat hidup lebih bermakna (h. 59))
Bab 3 designing your life (penulis membahas tentang season in life, belokan tajam, 4 pilihan karir, orangtua, kegagalan berdasarkan narasymber podcast TDOLnl dan pengalaman pribadinya 13 tahun bekerja)
Bab 4 building your new net worth (penulis menekankan 4 hal yakni skill, influence, health, money)
Bab 5 principles (in the end ada beberapa hal yang harus diyakini menurut penulis yaitu growth mindset, privilege, two lenses: days & decade, connecting the dots) 

Sedikit kekurangan bagi saya ada beberapa hal yang agak berbeda sudut pandang sebab keyakinan yang mendasari. Ditambah bila usia sudah 30 ke atas, berkeluarga, memiliki anak, ada beberapa variabel yang kurang pas bila diterapkan. But, back again YOU DO YOU.  Overall banyak kutipan menarik yang saya catat di buku ini.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #youdoyou #fellexandroruby #nonfiksi #selfimprovement

No comments:

Post a Comment

Text Widget