Pages

25 March, 2024

[Review buku] Lemonade Granny

Judul: Lemonade Granny
Penulis: Hyun Irang
Penerbit: Elex Media Komputindo
Dimensi: 194 hlm, cetakan pertama 2023, (edisi digital di ipusnas)
ISBN: 9786230037405

Dapat rekomendasi buku ini dari grup @temanbacaibu dan harus antre cukup lama di ipusnas. Namun setelah menamatkan, worth it sih ngantre selama itu karena memang bagus.

Novel ini berkisah tentang sebuah rumah perawatan bernama Desa Doran yang dibangun untuk para orangtua kaya penderita Demensia. Mereka membayar mahal untuk mendapat fasilitas dan tenaga perawat yang diatur seperti hidup di tengah masyarakat biasa. Hingga suatu pagi suasana tenang di Desa Doran terusik sebab ada penemuan mayat bayi di tempat sampah. Nenek limun dan bocah lelaki (anak dokter Seo Yi Soo) berusaha mencari tahu siapa ibu dari bayi itu dan siapa yang membuangnya.

Hubungan nenek dan bocah itu pun terjalin baik meski diawali dengan hal yang tidak biasa untuk ukuran anak usia 6 tahun. Semakin didalami, kasus sederhana itu ternyata membongkar busuknya Desa Doran dan para petinggi serta investornya.

Di awal melihat cover, saya kira ini buku anak-anak, namun saat melihat label di belakang buku, tertera 17+ dengan genre misteri dan thriller. So, jangan tertipu dengan ilustrasi lucu di cover. Alur cerita memang terkesan lambat untuk menemukan sebuah jawaban. Namun dengan sudut pandang berbeda dari tiap tokoh justru membantu pendalaman deskripsi latar dan tokoh. Jadi tidak bosan dan ketegangan muncul secara alami. Plot twist pun terbangun rapi.

Bagian paling menyentuh bagi saya ada di kesinisan nenek limun terhadap keluarga/anak, perjuangan bertahan dokter Seo demi anaknya, dan terakhir hubungan menyayangi nenek dengan bocah menjelang kematiannya. Meski karakter nenek menyebalkan, tapi dia jadi sejenis villain semacam Snape di Harry Potter. Tokoh antagonis yang patut disayangi sebab sesungguhnya dia penyayang dengan caranya yang aneh.

Novel yang bisa habis sekali duduk, mudah dibayangkan bila jadi film pasti akan seru, dan meninggalkan kesan dengan banyak isu yang diangkat (demensia, hubungan anak dengan orangtua, kekerasan dalam rumah tangga, kesewenangan kapitalis, dll).

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #lemonadegranny #hyunirang #fiksi

No comments:

Post a Comment

Text Widget