Pages

13 March, 2024

[Review buku] Pedoman ilmu tajwid lengkap


Judul: Pedoman ilmu tajwid lengkap
Penulis: Acep Iim Abdurohim
Penerbit: Diponegoro
Dimensi: 210 hlm, 20 cm, cetakan pertama 2016
ISBN: -

Ramadan tiba, bulannya al quran, maka membaca al quran sesuai tajwid adalah kewajiban. Namun kadang kita masih belum mahir, bagaimana tajwid yang baik dan benar. Mengapa hukumnya begini begitu? Nah, kehadiran buku ini amat membantu bagi saya.

Meski saya beli setahun lalu sebab keperluan tahsin, ternyata terpakainya sepanjang usia. Harganya murah, tapi ilmu yang terkandung gak murahan. Sebagai orang awam/pemula, buku ini sangat mudah dimengerti. Sebab bahasanya ringan, pengantarnya memahamkan (tidak sekadar membahas hukumnya saja, tapi sebab dan dalil hingga hukum tajwidnya seperti itu), ada skema dan tabel yang sudah berisi kapita selekta pembahasan, contoh praktis dan aplikatif, dan tak kalah penting referensi dari berbagai kitab tajwid yang telah dikenal.

Isinya terbagi menjadi 20 bab: 1. Huruf hijaiyah; 2. Makhraj huruf; 3. Sifat² huruf; 4. Sebutan huruf; 5. Cara membaca isti'adzah, basmalah, dan surah; 6. Hukum nun bersukun dan tanwin; 7. Hukum mim bersukun; 8. Hukum idgham; 9. Hukum mim dan nun bertasydid; 10. Hukum lam ta'rif; 11. Lam bersukun pada fi'il; 12. Hukum ra'; 13. Hukum lam jalalah; 14. Qalqalah; 15. Hukum madd; 16. Macam² waqaf; 17. Cara melafalkan lafazh yang di-waqaf-kan; 18. Tanda² waqaf; 19. Waqaf, saktaj, dan qath'u; 20. Tashil, imalah, naql, isymam, raum, ikhtilas, dna lafazh yabshuth; 21. Mengenal mushaf al quran standar indonesia

Saya sangat merekomendasikan bagi yang beragama Islam. Meski kalian baru belajar ngaji/tahsin, atau kalian adalah guru tahsinnya, buku ini amat bermanfaat.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#ReviewBuku

No comments:

Post a Comment

Text Widget