Pages

30 March, 2024

[Review buku] Cerita mamah muda - Me time


Judul: Me time
Penulis: Lea Agustina & 4 kawan lain
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 272 hlm, 20 cm, cetakan pertama 2018, (edisi digital di ipusnas)
ISBN: 9786020387413

Buku ini ditulis oleh 5 ibu rumah tangga. Berisi 5 cerita tentang ragam usaha me timenya ibu-ibu. Di kisah pertama, tentang kelelahan ibu beranak dua yang menikah muda, merasa tidak memiliki pencapaian karir hingga berandai bagaimana jika ia tidak menikah muda. Dan semua itu terwujud dengan sebuah mesin waktu ke 4 tahun kemudian. Sementara di kisah kedua, penantian 7 tahun akan buah hati, hingga merelakan karir dan mendapatkan seorang anak. Nyatanya bukan bahagia, malah merasa makin lelah dengan kehadiran anaknya sebab idealismenya sendiri.

Di kisah ketiga, ini paling absurd sih bagiku dan meski ada kalimat me time, tapi penggambarannya kurang tajam. Malah terasa seperti tempelan saja, fokusnya lebih ke fantasi tentang nyanyian peti mati. Dan inilah kekurangan buku ini menurutku. Di kisah keempat tentang perjuangan seorang kekasih dari wanita single parent yang berusaha memberikan waktu me time untuknya dengan membiarkan liburan 7 hari dan meninggalkan anaknya dengan kekasih lelakinya. Di cerita ini, aku merasa suudzan terus sih haha. Masak berani amat ibu ninggalin anak ceweknya sama kekasih, tanpa ada orang lain. Tapi ya namanya juga fiksi, ini juga bikin kurang di mataku sih hehe.

Terakhir, kisah ibu muda dengan 2 anak dan suami yang usahanya makin besar sehingga sering ditinggal. Melepaskan kuliah demi menikah, sering diceramahi mamanya sendiri hingga memilih menjauh, dan ternyata kelelahan bertahun-tahun menumpuk jadi sebuah kesalahan yang berdampak memberinya me time 3 hari sendirian: lupa beli tiket untuk dirinya sendiri. Saking dia mengutamakan suami dan anak-anaknya terus, bukan dirinya.

Semua kisah itu cukup mewakili cerita hidup para mama muda dan segala perjuangannya demi me time. Menghibur bagi saya yang juga relate akan beberapa isu yang diangkat.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #kenterate #metime #kumpulancerita #parenting

No comments:

Post a Comment

Text Widget