Pages

26 March, 2024

[Review buku] Rainbirds


Judul: Rainbirds
Penulis: Clarissa Goenawan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 400 hlm, 20 cm, cetakan pertama 2018, (edisi digital di ipusnas)
ISBN: 9786020379197

Seberapa yakin kita mengenal orang-orang terdekat atau yang kita anggap paling dekat dengan kita?

Itulah yang dirasakan Ren, saat menelusuri hidup kakaknya, Keiko Ishida setelah kematiannya di Desa Akakawa. Mati akibat tikaman di tengah malam saat rintik hujan sebelum akhirnya tidak bernyawa. Rasa penyesalan dan bersalah hinggap di hati Ren, yang ternyata sangat menyayangi Keiko.

Dengan alur maju mundur, penulis mendeskripsikan latar imajiner bernama Desa Akawaka dan kemisteriusannya yang sesuai dengan anonimitas Keiko. Tanpa direncanakan, Ren menerima pekerjaan Keiko sebelumnya sebagai guru bimbel dan pindah ke tempat terakhirnya sebelum meninggal. Meski terasa lambat dan tidak terlalu mengedepankan penyelidikan mengenai pembunuh kakaknya, novel ini tidak menjemukan.

Justru perenungan Ren menguatkan rasa/konflik batin yang dialaminya. Ingatan-ingatan yang muncul serta twist yang tak terduga membuat cerita ini makin dalam. Hanya saja, saya masih bingung bagaimana atau alur merah apa yang membuat Ren menemukan siapa pembunuh kakaknya. Di bagian itu masih kurang tajam dan terasa lompat dari konflik utama. Juga apa alasan keluarga katou sebenarnya? Dan makna rainbirds di judulnya?

Cocok untuk yang suka slow pace, misteri dan karakter kuat. Meski begitu jika sudah membaca, tidak mau lepas hingga tuntas. 

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #rainbirds #clarissagoenawan #fiksi

No comments:

Post a Comment

Text Widget