Pages

19 March, 2024

[Review buku] Three sisters


Judul: Three sisters
Penulis: Seplia
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 226 hlm, 20 cm, cetakan pertama 2017, (edisi digital di ipusnas)
ISBN: 9786020340104

Salah satu cara menyegarkan pikiran adalah baca buku metropop, sebab ringan dan bisa habis dalam sekali duduk. Di ipusnas saya menemukan buku ini. Mengisahkan tentang tiga saudari dengan status dan masalahnya masing-masing.

Anak sulung bernama Rera, 32 tahun, masih melajang. Masalah utama dalam hidupnya adalah jodoh.
Anak tengah bernama Gina, seorang bankir sukses, menikah muda dengan dosen, dikaruniai 2 anak berusia 6 dan 4 tahun. Masalah utama dalam hidupnya adalah jenuh akan rutinitas pekerjaan dan rumah tangga.
Anak bungsu bernama Yumi, 3 tahun menikah belum dikaruniai anak, rela melepas  pekerjaan demi bisa punya anak. Masalah utama dalam hidupnya adalah ibu mertua bermulut kejam.

Enam bulan mereka ditinggalkan orangtua keluar negeri, mulailah konflik mewarnai. Hingga membuat dua di antara mereka bersitegang, lalu hampir bercerai, namun semua tetap diupayakan selesai tanpa perlu diketahui orangtua. Di ending, semua selesai saat orangtua mereka kembali. Tentu saja happy ending.

Meski ringan, banyak nasihat yang mereminder saya kembali sebagai pembaca yang sudah berumahtangga. Semua itu terletak dalam dialog yang natural. Cocok dibaca bagi wanita yang masih single atau sudah berumah tangga, apalagi yang sedang merasa jenuh dengan hidupnya yang nampak monoton.

Saat membaca part Rera, bisa membuat tersenyum dengan tingkah Xian. Di part Gina, sebal dengan kebodohan Gina, relate dengan kelucuan dan keberisikan 2 anaknya. Di part Yumi, belajar jadi menantu yang sabar dan pasangan yang saling menjaga.

Kekurangan novel ini, ada beberapa konflik yang kurang tajam dasarnya, sehingga pergantian alur/klimaksnya kurang smooth dan terkesan buru-buru.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #threesisters #seplia #fiksi

No comments:

Post a Comment

Text Widget