Pages

06 March, 2024

[Review buku] Teka-teki terakhir


Judul: Teka-teki terakhir
Penulis: Annisa Ihsani
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 256 hlm, 20 cm, cetakan pertama Maret 2014 (edisi digital di ipusnas)
ISBN: 9786020302980

Banyak rumor mengatakan bahwa pasangan Maxwel adalah penyihir atau ilmuwan gila. Sehingga banyak yang takut melintasi rumah mereka, apalagi masuk ke dalamnya. Laura dan Jack pun sebagai tetangganya memilih jalan memutar untuk ke sekolah sebab rumor tersebut. Hingga suatu hari, saat Laura mendapatkan nilai 0 untuk kuis matematikanya yang lalu ia lemparkan ke tempat sampah, ia bertemu dan berbicara dengan Tuan Maxwel.

Pertemuan yang diakhiri dengan hadiah sebuah buku tentang angka nol, ternyata menjadi jalan pembuka persahabatan Laura dengan keluarga Maxwel yang ternyata merupakan profesor dan ahli matematika. Diskusi seru tentang matematika bergulir tiap Laura bermain dan membaca di perpustakaan Tuan Maxwel. Hingga sebuah teka-teki terkait pembuktian teorema terakhir Fermat menjadi akhir dari kisah persahabatan mereka. Semua itu bermula di tahun 1992, saat Laura berusia 12 tahun.

Saya tertarik membaca novel ini sebab ada rekomendasi di website. Jujur saja tidak menyangka kalau ini adalah teenlit, dan penulisnya orang Indonesia. Sebab latar dan tokoh yang dibangun begitu meyakinkan dari Barat. Kisahnya pun cukup menarik, membahas matematika dari segi fiksi. Mengikuti psikologi anak berusia 12 tahun hingga ia berusia 16 tahun,  persahabatan yang terjalin cukup membuat hati hangat. 

Apalagi bagian saat Laura diizinkan ke perpustakaan Maxwel, membuat hati saya bungah seakan saya menjelma Laura. Hal paling indah bagi booklovers di mana pun. Meski secara konflik tidak terlalu tajam dan datar, namun alurnya tak membosankan. Cocok untuk remaja hingga dewasa yang ingin membaca bacaan ringan dan terselip matematika di dalamnya. Secara implisit, kita diminta untuk tidak menilai seseorang berdasarkan rumor, melainkan kenalan langsung dan bersahabatlah dengan tulus.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #tekatekiterakhir #annisaihsani #teenlit

No comments:

Post a Comment

Text Widget