Pages

19 April, 2024

[Review buku] Kasus nyanyian berhantu


Judul: Creepy Case Club: Kasus nyanyian berhantu
Penulis: Rizal Iwan
Penerbit: Kiddo
Dimensi: v+169 hlm, cetakan ketiga November 2023 (edisi gramedia digital)
ISBN: 9786024810061

Pernahkah kalian mencari tahu kisah nyata di balik lagu anak-anak?

Banyak lagu nursery rhyme yang nadanya riang ternyata menyimpan rahasia kelam dan berdarah. Sama seperti lagu Soleram dalam kisah ini. Awalnya Namira tidak percaya bahwa lagu Soleram jika dinyanyikan sendiri bisa memanggil hantu. Namun, ia tertantang oleh ucapan Dhana dan penasaran akan yang namanya hantu.

Sejak ia melakukannya, ada banyak hal aneh yang menimpanya. Buku catatannya robek di beberapa tempat dan tersusun beberapa kata darinya. Lalu suka ada genangan air dan bayangan hitam menyerupai anak perempuan. Bersama Jani dan Vedi, kawan barunya di Jakarta, ia berusaha memecahkan teka-teki yang ingin disampaikan hantu Soleram. Hingga perasaan marah kepada Bapak sebab pindah ke Jakarta serta rasa kesepiannya hilang. Ia malah menemukan beragam fakta menarik mengenai sekolah barunya.

Buku ini memang diperuntukkan bagi anak-anak berusia 8 tahun ke atas. Namun, bagi saya yang dewasa cukup seru juga. Gaya bahasa penulis sederhana dan menarik. Ditambah info-info mengenai aneka lagu anak membuat saya terkejut juga. Meski di bagian berhantunya tetap kurang bisa saya terima. Sebab terlalu banyak 'kebetulan' dan mudah sekali dipecahkan. Tapi untuk anak-anak pasti seru sih.

Endingnya mengingatkan saya pada sebuah film horor, tapi lupa apa judulnya. Dan bikin nagih sih, pengin baca buku lanjutannya lagi. Memantik kenangan masa kecil seperti saat baca petualangan lima sekawan atau goosebump.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #kasusnyanyianberhantu #rizaliwan #fiksi #metamorfillah #creepycaseclub

No comments:

Post a Comment

Text Widget