Pages

03 April, 2024

[Review buku] Game over


Judul: Game over
Penulis: Valerie Patkar
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer
Dimensi: 290 hlm, cetakan pertama 2020, (edisi digital di ipusnas)
ISBN: 9786232167735

Awal antre #buku ini, sebab baca ulasan rekomendasi nama penulisnya di google. Semacam #novel metropop, tapi lebih light. Saat baca tuh expect nothing, cuma menikmati. Dan memang secara alur, dengan PoV Glendy (cowok) dan Jeara (cewek) secara bergantian rasanya ngalir normal.

Dibuka dengan pertemuan yang mengungkit kenangan lama. Flashback ke 8 tahun lalu saat mereka SMP dan awal mula kedekatan Glendy dan Jeli. Hingga mereka melewati masa SMA di tempat berbeda dan kuliah di kampus yang sama. Saling mengenal keluarga dan mendalami karakter kedua keluarganya. Di sini ada 2 gaya parenting berbeda dengan alasan orangtua masing² yang punya kelebihan dan kekurangan. Tapi pembelajaran juga tentang mempertahankan pernikahan. Terasa gak ada parenting yang the best, hanya yang paling sesuai untuk tiap keluarga itu beda.

Lalu hubungan persahabatan 5 cowok: Glendy, Ardan, Dion, Dirga, dan Trian. Awalnya juga merasa biasa aja, eh pas konflik utama dan keputusan Glendy menghilang, di situ terasa banget persahabatan khas cowoknya dan bikin aku nangis dong! Cara solve problem mereka, obrolannya, hingga 7 tahun kemudian saat definisi sukses mereka berbeda namun tetap saling berhubungan baik. So sweet, bromance! Spill lagi, ternyata nanti ada 4 novel lain berkisah tentang cinta 4 tokoh sahabat lainnya. Jadi buku ini rangkaian dari Loversation. Bikin penasaran sama kisah lainnya.

Dengan kalimat blurbnya yang memikat.
Jeara... Segalanya.
Glendy... Seadanya.
Mereka mencari titik temu.
Suka sih, bahkan bayangin novel ini diadaptasi jadi film. Bakal kayak romance ala drakor tapi ga lebay dan tetap ada sisi lokal Jakartanya.

Cocok dibaca di waktu senggang, gak banyak mikir, gak mau lepas sampai tamat. Cuma gak ngasih sempurna penilaian karena  plot twistnya aja kurang. Tidak banyak kejutan, tapi segalanya manis dan romantis di porsi yang pas.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #gameover #valeriepatkar #fiksi

No comments:

Post a Comment

Text Widget