Pages

17 April, 2024

[Review buku] The Ink Black Heart


Judul: The Ink Black Heart
Penulis: Robert Galbraith
Penerbit: Gramedia pustaka utama 
Dimensi: 1072 hlm, 23 cm, cetakan pertama 2023 (edisi gramedia digital)
ISBN: 9786020671741

Ini rekor #buku tertebal yang saya baca secara digital. Mencoba di platform berbayar gramedia digital, dengan paket premium fiksi senilai 55 ribu. Kasus keenam biro #detektif Strike-Elacot.

Diawali kedatangan Edie Ledwell, creator animasi The Ink Black Heart (TIBH) menemui Robin untuk meminta penyelidikan siapakah Anomie (akun anonim pembuat game TIBH yang berawal dari fandom). Sebab 4 tahun ia dirundung secara daring dan ada banyak informasi pribadi yang diketahui Anomie. Namun keterbatasan personil dan bukan bidang biro dalam hal teknologi, maka kasus itu ditolak.

Tak lama, dikabarkan Edie mati karena ditikam sementara ko-kreator TIBH lainnya, Josh, kritis. Ancaman Anomie kian nyata. #Game bukan lagi sekadar permainan, melainkan puncak kekuasaan #Anomie dan fandomnya. Siapa yang tidak setuju, akan disingkirkan.

Dengan banyak isu seperti politik, perundungan daring, jejak digital, pedofilia, LGBT, kekerasan, disabilitas, hingga layer per layer akun di daring, #novel setebal ini tidak membosankan. Saya menikmati #membaca percakapan ala chat di game jalur moderator dan japri. Menebak siapa tiap individu di baliknya. Apa motif dari tiap tindakan? Serunya mengupas jejak digital hingga bisa menelusuri siapa di baliknya dalam kehidupan nyata. Kayak terlibat mengamati gitu.

Bahkan plot twist dan endingnya tidak tertebak bagi saya. Ditambah hubungan Strike dan Robin yang menggemaskan dengan maju mundur, denial, dan akhirnya gantung lagi.

Hanya saja, endingnya terasa antiklimaks dan balik ke konflik batin Strike. Saya membayangkan buku ketujuhnya kelak akankah jauh lebih tebal dan detail lagi? Agak bosan dengan perkembangan hubungan Strike-Robin. 

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #theinkblackheart #robertgalbraith #fiksi #metamorfillah #cormoranstrike 

No comments:

Post a Comment

Text Widget