Pages

18 April, 2024

[Review buku] Lukacita


Judul: Lukacita
Penulis: Valerie Patkar
Penerbit: Bhuana Sastra 
Dimensi: 448 hlm, cetakan pertama 2022 (edisi gramedia digital)
ISBN: 9786230406935

Bagaimana bila mimpi yang kauperjuangkan seumur hidupmu malah membuatmu tersakiti?

Mengangkat tema mimpi dan luka, novel ini mengisahkan Javier seorang pendiri perusahaan kreatif bernama Pengantara dengan kelemahan akibat kecelakaannya: buta warna. Hingga ia harus merelakan perusahaan impiannya itu diakuisisi oleh keluarganya, Nota Group. Juga Utara, atlet catur yang bertahan 14 tahun dengan disleksianya, namun memilih undur diri sebab intrik tak jujur yang dilakukan orangtuanya dan rasa bersalah akibat kematian temannya.

Mereka bertemu di Pengantara, tempat di mana setiap orang punya masa lalu, terbuang memiliki mimpi dan harapan akan masa depan. Ada Bang Jul yang difitnah korupsi, Lando yang dipenjara karena mukul, Aslan mantan pemakai narkoba yang hampir OD, dan Rumi yang normal tapi loyal sama Pengantara.

Dengan sudut pandang Javier dan Tara terlukiskan bagaimana cara menghadapi trauma mereka, lapis demi lapis masa lalu dan kekhawatiran menghadapi masa depan. Hingga keduanya berdamai, menyelesaikan diri sendiri, dan berani membangun hubungan. Meski kelak akan menyakiti, tapi mereka tahu akan menyerah atau bertahan. Bahwa semua adalah tanggung jawab masing-masing mewujudkan kebahagiaan.

Manis. Ditambah foto hitam putih dan sedikit quote di pergantian bab. Seakan menegaskan dunia hitam putihnya Javier. Namun, di tengah hingga ke ending, rasanya seperti menggantung. Perubahan sikap Javier dan Tara membuat konflik kurang menarik. Juga tentang Enzo dan keluarga Javier, buat saya kurang dapat feelnya. 

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #lukacita #valeriepatkar #fiksi #metamorfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget