Pages

05 April, 2024

[Review buku] Serangkai


Judul: Serangkai
Penulis: Valerie Patkar
Penerbit: Bhuana sastra
Dimensi: 404 hlm, cetakan pertama 2021, (edisi digital di ipusnas)
ISBN: 9786230402876

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk berduka? Apakah ada batas waktu untuk kehilangan?

Begitulah yang terjadi pada Divas dan keluarganya. Sepuluh tahun berlalu sejak kematian Zacchio, ayahnya tetap memakai sepatu pantofel yang tak layak, ibunya tetap membuat keripuk balado kesukaan Kio, dan Divas selalu menyisihkan waktu di pukul 6 sore dengan mendengar lagu Kasih Tak Sampai - Padi dari ipod lama dan tidur di lantai seperti yang dilakukan Kio dulu. Mereka berduka dengan cara mereka masing-masing.

Deverra pun berduka setelah 4 tahun ditinggalkan Claire, pacarnya yang selingkuh dan akan menikah. Rasa bersalah memenjaranya dan membuatnya selalu menjadi yes man yang seakan bahagia padahal jiwanya meronta.

Mereka berdua bertemu dan saling membersamai meski belum menyembuhkan.

Dengan 2 PoV utama dari Deverra dan Divas, ditambah 3 PoV pendukung dari Zacchio, ayahnya, Bhima dan ibunya, Nia, kita diajak menyelami rasa berduka tiap tokoh. Alur maju mundur memperkuat jalinan cerita. Namun bagi saya, terlalu lama dan banyak berkelindan yang terasa terlalu sering diulang. Secara konflik pun tidak begitu tajam dan banyak twist. Namun menariknya, tiap tokoh yang disebut ternyata punya hubungan dengan tokoh-tokoh lain dalam buku penulis lainnya.

Contohnya, nama Nota di #buku ini sama dengan nama keluarga Dhirga di #novel "game over" yang saya baca sebelumnya. Lalu nama "Claire" pun ada bukunya tersendiri. Hingga membuat saya penasaran ingin membaca kisah tiap tokoh tersebut di buku berbeda. Ini adalah buku kedua karya penulis yang saya baca di ipusnas.

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #serangkai #valeriepatkar #fiksi #metamorfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget