Pages

09 April, 2024

[Review buku] Medium rare mom


Judul: Medium Rare Mom
Penulis: Mel Bakara
Penerbit: Elex Media Komputindo
Dimensi: 314 hlm, cetakan pertama 2021 (edisi digital di ipusnas)
ISBN: 9786230029271

Ibu dari seseorang.
Seperti ibu biasa lainnya hanya lebih menarik.

Ya seperti itulah kisah ibu yang dituangkan dalam buku ini. Dari awal pernikahannya, kepayahan hamil, kegagalan performa di kantor semenjak jadi ibu yang berujung resign, lalu kesulitan mencari pengasuh, idealisme mimpi yang kandas sebab ditipu, hingga kepayahan hamil kedua, berujung konflik dengan suami yang rasanya tak pernah mengerti diri, diakhiri dengan kembali pada Tuhan dan berdamai. Memaafkan.

Bedanya, cara menyajikan dengan khas orang seberang dan kelakuan absurd suami istri ini yang menarik. Hampir di banyak hal, saya agree terus. Ternyata mau ekonomi bawah, menengah, atas, permasalahan tiap emak mirip. Kalau hatinya rungsing, ya rungsinglah hidup satu rumah. That's why kalau mau surga dunia, ya bikin bidadarinya betah dulu di rumah hehe.

Sayangnya, saya cukup terganggu dengan alur berpikir penulis. Awalnya bagi saya kurang smooth untuk pengenalan tokoh. Fokus banget sama suaminya. Sampai kadang saya lupa ini bahas siapa sih? Nama tokoh utama sama anaknya gak membekas. Lalu terkait masa lalu suaminya juga, terasa kurang penting untuk diceritakan. Seperti untuk menambah tebal halaman saja. Konfliknya juga kurang detail menggambarkan gejolak batinnya hingga responnya begitu. Ya, sebab akibatnya masih kurang pas. Itulah mengapa saya beri rating tak sempurna.

Namun, tetap saja buku ini menghibur. Apalagi buat pembaca emak rumah tangguh yang seringkali bete dengan kelakuan ajaib penghuni rumah atau punya mimpi belum tercapai. Semua tergambarkan dengan lucu dan seakan mewakili. Bikin ketawa-ketawa sih gaya bahasanya.

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #mediumraremom #melbakara #fiksi #metamorfillah

1 comment:

  1. Padahal tema ceritanya seru ya, tentang sosok Ibu dan masalah domestiknya. Harusnya buku ini bisa memberikan banyak sudut pandang pembaca tentang gimana dinamikanya jadi sosok Ibu.

    ReplyDelete

Text Widget