Pages

13 November, 2017

[Review buku] Personality Reality

Judul: Personality Reality
Penulis: Patrick David Yanello
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer
Dimensi: xx + 242 hlm, 21 cm, cetakan I 2005
ISBN: 979 694 4650

Buku ini membahas 5 kepribadian yang diwakilkan oleh 5 tanda baca.

Tipe tanda seru ! senantiasa ingin bertindak cepat, tegas, mendesak, andal dalam mengerjakan, menyelesaikan/memutuskam sesuatu, juga bisa memengaruhi orang lain untuk mengambil tindakan/keputusan.

Tipe tanda tanya ? senantiasa menanyakan segala hal, terbaik dalam pemikiran dan pertimbangan.

Tipe tanda hubung - senantiasa menjaga perdamaian, menolong, memelihara hubungan penuh perhatian, menyenangkan.

Tipe tanda titik . senantiasa memerhatikan detail, fakta, terbaik dalam menyimpan catatan dengan hati-hati, terinci dan sempurna.

Tipe tanda bintang * senantiasa memancarkan emosi dan mengungkapkan perasaan, dramatis, pemimpi, gagasan menarik, penuh penggambaran, terbaik memotivasi dan memengaruhi orang untuk mengikuti perasaan/dorongan hati.

Buku ini pun membahas 25 interaksi yang mungkin terjadi antar tiap tipe dan 4 kemungkinan saat berhadapam dengan tiap tipe (atas-bawah). Apa saja kelebihan dan kekurangan tiap tipe. Dan yang menarik adalah perbandingan teori ini dengan teori-teori psikologi lainnya seperti hipocrates, DISC, MBTI, dll.

Namun saya merasa agak membingungkan sebab dasar penilaiannya hanya berdasarkan pengamatan yang menurut saya cenderung berubah-ubah. Memang ada hanyak kuesioner tapi kurang mengerti di bahasanya. Mungkin sebab buku ini terjemahan, sehingga kurang pas atau memang dari sananya begitu hehe.

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

"Anda tidak dapat menghentikan kepribadian karena kepribadian itu seperti alam. Tapi Anda dapat menggunakan payung pengetahuan untuk menjaga diri supaya tidak basah kuyup." (H.43)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget