Pages

05 November, 2017

[Review buku] I Know You

Judul: I Know You
Penulis: Miss Hiday
Penerbit: STIFIn Institute
Dimensi: xxiv + 327 hlm, cetakan pertama september 2017
ISBN: 978 602 54141 69

Pertama kenal konsep STIFIn di sekolah tempat saya mengajar, saya tidak langsung menerima. Sebab history kerja saya di dunia consulting, bagian R&D, membuat saya banyak mengenal alat tes psikologi dan semacamnya. Selama itu pula saya tidak pernah mendengar ada konsep buatan anak negeri yang ternyata diakui, akurat, dan efektif.

Maka hal yang saya lakukan adalah menolak konsep itu. Sebab tidak sesuai dengan literatur psikologi yang sering saya baca. Saya pun meragukan validitas dan reliabilitasnya. Pertanyaan terbesar saya saat itu, kalau benar konsep ini bagus, mengapa di setiap training perusahaan mana pun jarang memakainya? Malah lebih sering konsep koleris-melankolis, MBTI, DISC, dll.

Tapi saat saya memilih bekerja di suatu tempat, saya memutuskan sami'na wa atho'na. Maka mulailah saya cari literatur tentang awal mula STIFIn yang ternyata ada di buku Kubik Leadership. Mantan competitor kantor saya dulu. Baca buku itu memang ilmiah, tapi saya masih pusing mengaplikasikan maksudnya.

Sementara masalah keseharian saat mengajar terus berdatangan dan harus diselesaikan sesuai konsep STIFIn. Alhamdulillah, sekolah memiliki seorang konsultan STIFIn bernama Miss Hiday yang kedua anaknya pun bersekolah di tempat saya mengajar. Nah, semenjak kenal Miss Hiday, saya sering melihatnya memberikan materi di seminar dan memang jauh lebih SIMPEL.

Apa yang ada di buku ini, benar-benar mirip dengan SISTEMATIKA saat beliau mengisi seminar, RUNUT terasa seperti sedang mendengar beliau berbicara langsung. Juga DETAIL, banyak TUGAS worksheet, dan SIMPEL. Karakter beliau yang Sensing introvert banget hehe.

Membacanya tak butuh waktu lama dan lebih mudah dipahami oleh orang yang belum mengenal STIFIn. Meski agak memusingkan di dekat bagian akhir sebab harus berpikir mengenai action plan parenting yang ingin dioptimalkan. Membantu lebih APLIKATIF.

Yang dibahas adalah tentang bagaimana menjaga amanah titipan Allah yakni anak, mengetahui apakah kita termasuk orangtua malpraktik vs orangtua sukses mulia, keunikan dan pola anak dilihat dari konsep STIFIn, menentukan parent leader dan atmosfer yang sesuai dengan kenyamanan parent leader serta tips untuk parent leader disesuaikan dengan teori sirkulasi STIFIn. Lebih ke STIFIn teaching dan learning.

Kekurangannya menurut saya, ada pada beberapa part yang begitu terasa diulang-ulang, typo yang cukup banyak dan membuat saya kebingungan akan maksudnya, serta cetakan yang kurang baik sebab beberapa halaman hilang/kosong karena tidak terprint, juga gambar yang kurang jelas terutama bila poinnya banyak dan kecil. Untuk harga pun saya cukup kaget bila dibandingkan dengan buku lain yang tebalnya sama, berharap masih di range 100-150 ribuan hehe.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget