Pages

11 November, 2017

[Review buku] Drunken marmut

Judul: Drunken Marmut
Penulis: Pidi Baiq
Penerbit: Pastel books
Dimensi: 204 hlm, 19.5 cm, cetakan I Agustus 2009
ISBN: 978 602 0851 174

Buku ini memuat 17 kisah keseharian penulis yang luar biasa "gila" dan berani melakukan hal berbeda. Hal sederhana bahkan serius bisa dibawa santai dan jadi guyon cerdas ala pidi baiq. Lucu membayangkan kalau ini dibuat film. Berkali saya menggumam "Ini beneran dia lakukan? Kok ada ya makhluk kayak dia?" Hahaha

Misalnya saja keisengan mengajak bicara dan bercanda orang yang baru dikenal seperti di "Oh Pram", "Mencatat sate", "Linglung hansip", "Lari pagi Philipina", "Malaysia HUT RI", "Warnet Bugil", dan "Kereta terowong" (yang sampai mengeluarkan uang lebih banyak demi keisengan berfaedahnya). Niat awalnya mungkin bercanda, tapi keberanian menyapa, membuka percakapan dan menjalin silahturrahim penulis ini unik hingga menghasilkan cerita di atas, padahal polanya mirip semua.

Yang lebih lucu lagi, Bunda, istri dan keluarganya itu loh... sabar ya menghadapi jahilnya penulis haha. Seperti di cerita "Drunken marmut", "Binatang tipu", "Keliling awug", "Swara kamar", dan "Pengemis bunda".

Meski lucu, buku ini pun membuat saya agak #jleb di bagian "SMA berseragam" yang bercerita tentang gurunya di SMA. Mirip dengan salah satu tokoh guru di novel penulis lainnya: Dilan.

Well, secara keseluruhan isinya crunchy dan menghibur, bahasanya pun mudah dicerna. Cuma saja saya agak kurang suka dengan ilustrasi dan covernya (n__n)

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

"Di negara mana pun kita berada, hal terpenting adalah tetap memastikan diri untuk menjadi manusia yang keren. Manusia warga dunia yang melakukan perbuatan baik dan berguna bagi alam semesta. Semata-mata demi atas nama tuhanmu, bukan atas nama apa pun." (H.136)

"Kisah masa lalu itu indah. Atau dia indah karena sudah menjadi masa lalu. Sehingga apa yang kini tak kita anggap indah, kelak akan berangsur menjadi indah." (H.196)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget