Pages

21 July, 2014

[Review Buku] Pelangi Melbourne

Judul: Pelangi Melbourne - Dua Dunia Satu Cinta
Penulis: Zuhairi Misrawi
Penerbit: Kompas
Dimensi: viii + 552 hlm; 11 cm x 18 cm
ISBN: 978-979-709-543-7

Zaki Mubarak, anak pesantren yang baru saja lulus dari sebuah perguruan tinggi Islam, mengikuti kursus bahasa inggris selama enam bulan di kota Melbourne. Tidak pernah terbayang olehnya, bahwa ia akan berkenalan dengan Diana Lee, gadis Nasrani asal Korea Selatan yang mencuri hatinya. Novel ini menceritakan lika-liku kisah asmara Zaki dan Diana sampai akhirnya mereka menikah. Juga ada kisah Ahmad dan Raudha yang sama-sama beragama Islam dan keturunan Arab namun berbeda klan.

Poin penting yang ditekankan dalam novel ini adalah indahnya toleransi berlatar kehidupan multirasial dan multikultural di Melbourne. Juga banyak sekali pesan moral dengan latar belakang sejarah dan argumen yang cukup sarat. Tak lupa, berisi kiat-kiat belajar bahasa inggris ala Melbourne. Deskripsi tentang kota Melbourne sendiri tercetak jelas.

Namun sebagai novel, saya merasa jenuh membacanya. Konten sebenarnya bagus, hanya saja bagi saya too much information, lebih banyak tell, not show. Ada sedikit kemiripan sama novel Negeri Van Oranje, yang berlatar pendidikan/menimba ilmu di negeri maju, tapi kurang asyik bagi saya. Bahasanya masih terasa kaku, dan lebih banyak deskripsi, sehingga 'rasa' akan perasaan atau konflik sang tokoh kurang tajam. Tapi endingnya cukup berani menurut saya. Ini yang membuat saya berpikir, mungkin inilah sebabnya novel ini lolos terbit di kompas. Mengapa? Karena jalan pemikiran penulisnya yang berani. Sebab, cukup sensitif isu yang dibahas, tentang pernikahan beda klan di Arab, pernikahan antar bangsa, antar agama, dibolehkannya pacaran dalam Islam.

Untuk keseluruhan saya memberi 2 dari 5 bintang. Sebab, saya sendiri membaca novel ini dengan banyak melongkapi deskripsi, hanya fokus pada dialognya saja. Dan waktu yang dibutuhkan untuk membangun mood membaca novel ini cukup lama.. Setahun (",)7

Hehehe... *setahun minjem pula sama teman kuliah, (ʃ⌣ƪ) *


Sekian review saya,

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget