Pages

06 March, 2016

[Review buku] Chicken soup for the new mom's soul

Judul: Chicken soup for the new mom's soul
Penulis: Jack canfield, dkk.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: xvii + 349 hlm, cetakan kedua maret 2010
ISBN: 978 979 22 5388 7

Setelah sekian lama tidak membaca seri chicken soup--terakhir kali saya menggandrungi chicken soup adalah saat SMP--saya dipinjamkan buku ini. Awalnya biasa saja, sebab saya kira akan membosankan berbicara tentang pengalaman baru menjadi ibu. Namun ternyata saya salah besar. Buku ini agak lama saya baca, bukan karena saya tidak paham. Melainkan karena saya berkali meresapi setelah membaca sebuah cerita. Tak jarang air mata saya mengalir setelahnya. Saya merasakan kesepian, ketakutan, dan seakan benar-benar ada di posisi yang menjungkirbalikkan semua prioritas dan kestabilan wanita paling hebat pada umumnya. Juga saya semakin rindu dan cinta pada sosok mama saya. Sosok yang benar-benar idola!

Ceritanya tidak berlebihan, lugas, nyata dalam keseharian, bahasanya pun ringan, namun feelnya amat menggugah saya. Saya jadi paham banyak sudut pandang seorang ibu baru dari pengalaman kelahiran anak pertamanya. Masa-masa penuh ketakutan, keceriaan, kegembiraan, cinta yang unik, momen-momen tak terlupakan serta memalukan.

Buku ini sendiri dibagi menjadi 8 bab, dimulai dari berita tentang kehamilan pertama, hari yang dinantikan, bahu untuk bersandar para ibu, kasih ibu, ayahku sayang, pelajaran berharga dari bayi, serba-serbi menjadi ibu, dan kebahagiaan menjadi ibu.

Saking bagusnya, saya memiliki banyak quote yang ingin saya abadikan.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

"Penantian tidak sekadar menunggu sesuatu untuk terjadi. Penantian adalah menjalani hari-hari sebelum tibanya sesuatu yang kita tunggu." (Hlm. 20)

"Cobalah untuk memberiku sejenak waktumu sebelum kau menyuruhku pergi. Bukalah matamu, tataplah aku, dan ketahuilah bahwa TIDAK MELAKUKAN APA-APA adalah hal tersulit yang harus dilakukan seorang ibu." (Hlm. 66)

"Mencintai seseorang dengan sebegitu dalam terasa menakutkan." (Hlm. 138)

"Aku pernah mengatakan bahwa melahirkan adalah hal tersulit yang pernah aku lakukan, tetapi kini aku mengerti bahwa aku salah. Yang paling sulit adalah mencintainya." (Hlm. 141)

"Orang lain bisa saja menyukai dan merawat anak-anakku, tetapi cuma aku yang bisa mewariskan mereka sesuatu." (Hlm. 150)

"Deskripsi pekerjaan seorang ibu: Individu ini bertanggung jawab akan pembangunan fisik, sosial, dan moral seorang anak. Dia harus memberikan cinta, kasih sayang, panduan, dan tugas lainnya sesuai yang dibutuhkan. Selain sebagai guru, perawat, dokter, penangkap serangga, marketing, ibu juga bertindak sebagai sopir, pembantu rumah tangga, tukang masak serbacepat--daftar ini tidak pernah berakhir." (Hlm. 265)

"Setiap fase yang kita lalui, ketika kita berada di dalamnya, menipu kita hingga kita yakin bahwa segalanya akan selamanya demikian." (Hlm. 272)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget