Pages

11 September, 2024

[Review buku] Kucing penyelamat buku

Judul: Kucing penyelamat buku
Penulis: Sosuke Natsukawa
Penerbit: GPU
Dimensi: 200 hal, cetakan 2023 (edisi ruang buku kominfo)
ISBN: 9786020671659

Rintaro Natsuki, murid SMA biasa saja yang memutuskan menjadi hikikomori (menarik diri dari kehidupan) setelah kakeknya meninggal. Ia yatim piatu sejak kecil dan menjalani hidup tanpa ambisi apa pun. Peninggalan kakeknya berupa toko buku hendak ia tutup, meski ia suka sekali membaca koleksi buku bekas yang ada di sana. Hingga kedatangan seekor kucing bernama Tiger yang bisa berbicara, mengubah keputusan Rintaro. Petualangan fantasi ke dunia buku, membuatnya menyadari bahwa masih ada yang memedulikan dirinya dan membuat ia bersemangat menjalani hidup.

Gaya bahasa sederhana, namun 4 kasus menarik yang mengajak saya berefleksi sebagai pembaca. Terasa seperti ditanya "Benarkah kamu mencintai buku? Benarkah kamu suka membaca?" 

Ada tokoh pemenjara buku yang hanya membaca tanpa menjejakkan kaki ke dunia luar serta memajang ribuan buku untuk pamer. Ada tokoh pencincang buku yang meringkas buku dalam kalimat sederhana dan mudah dipahami hitungan menit, namun kehilangan esensi menikmati alur berpikir. Ada pula pemimpin penerbitan yang hanya menerbitkan karya tidak bermutu tapi laku dibanding berbobot tapi tidak terjual. Terakhir, konsep buku memiliki jiwa dan perlu diselamatkan.

Cocok dibaca untuk mereka yang menyukai fantasi, mengaku mencintai buku dan suka membaca buku.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #bookstagram #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #kucingpenyelamatbuku #sosukenatsukawa #fantasi #fiksi #metamorfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget