Pages

09 September, 2024

[Review buku] Kado terbaik


Judul: Kado terbaik
Penulis: J.S. Khairen
Penerbit: Grasindo
Dimensi: 248 hal, cetakan 2022 (edisi ruang buku kominfo/ipusnas)
ISBN: 9786020529325

Rizki tak pernah menyangka hidupnya akan berubah setelah ayahnya mati ditembak. Ia dan kedua adik perempuannya ditinggalkan ibu mereka di sebuah panti asuhan ilegal. Hari pertama, Rizka yang berusia 8 tahun sudah dipukuli saat tidak mau menuruti perintah Pak Tono, pemilik panti. Khanza, adik bayinya menderita batuk sebab dijadikan properti mengemis di jalan. Sekuat tenaga, Rizki berusaha melindungi kedua adiknya. Namun dunia jauh lebih kejam pada mereka yang tak punya orangtua. Hingga ia memutuskan keluar dari panti saat usianya besar, di bulan Ramadan menjadi titik balik hidupnya dan adik-adiknya. Pertemuannya dengan Rani dan keluarga menjelang lebaran membuatnya memaknai kembali arti keluarga.

Dengan bahasa yang ringan, penulis menggambarkan kehidupan di panti asuhan dan aktivitas anak jalanan. Bertarung nyawa sudah menjadi keseharian. Perjuangan dan semangat hidup Rizki dalam menyelamatkan adiknya menjadi klimaks dalam #buku ini. 

Meski di beberapa bagian yang bagi saya bagus untuk klimaks, tapi kurang dipertajam sehingga jadi antiklimaks lagi. Ditambah endingnya, agak menyayangkan sikap Rizki yang tak memilih happy ending bersama, namun cukup realistis bila kita meresapi karakter tokoh Rizki sebagai kakak laki-laki tertua yang merasa gagal.

#Novel ini cocok dibaca untuk mereka yang menyukai tema keluarga, perjuangan, ikatan saudara, persahabatan dan tertarik mengenai kehidupan anak jalanan serta panti asuhan.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #bookstagram #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #kadoterbaik #jskhairen #fiksi #metamorfillah 

No comments:

Post a Comment

Text Widget