Pages

15 June, 2024

[Review buku] Teori tawa dan cara-cara melucu lainnya


Judul: Teori tawa dan cara-cara melucu lainnya
Penulis: Kai Elian
Penerbit: GPU
Dimensi: 217 hlm, cetakan pertama 2022 (edisi gramedia digital)
ISBN: 9786020657493

Bagaimana rasanya lahir di keluarga pelawak terkenal dan hanya kamu satu-satunya yang gak lucu/terkenal?
Bagaimana rasanya trauma hingga lima tahun dan kamu lupa bagaimana harus tertawa?

Begitulah masalah para tokoh utama di novel ini. Kuma, sulung perempuan anak dari pelawak dan penyiar terkenal, punya adik youtuber dan pelawak terkenal juga. Namun, hanya dia satu-satunya yang tidak terkenal atau pun lucu. Sampai dia harus belajar stand up comedy diam-diam demi menyenangkan hati ayahnya yang meminta dia menjadi opening di acara TV ayahnya.

Lalu dia bertemu dengan Bona, lelaki pemurung yang lupa bagaimana harus tertawa sebab trauma melihat ibunya bunuh diri, ditambah memiliki ayah dan kakak laki-laki yang toksik. Di kafe ceria, mereka saling berbagi cerita. Hingga saling menyembuhkan dan menguatkan. Sayangnya, kebohongan kecil meretakkan hubungan keduanya. Bisakah hubungan mereka membaik seperti sebelumnya?

Jujur, awal mengantre buku ini di ipusnas hingga nyari ke gramedigi, punya ekspektasi bahwa akan lucu dan menghibur baca #novel ini. Ternyata, di penutup penulis sudah meminta maaf bahwa bersiaplah kecewa jika ekspektasimu begitu. Dan saya memang kecewa, haha. Yang dikira akan ringan dan lucu, malah bawa isu berat dan dark. Ya, #buku ini membahas kesehatan mental anak muda, terutama lelaki sebab penulisnya sendiri memang pernah mengalami itu. Jadi, siapkan diri kalau mau baca yaa.

Secara isi ya biasa saja. Konflik dan penokohannya masih kurang tajam, ending juga kurang clear. Hanya menambah wawasan tentang dunia stand up, serta beratnya menjadi pelawak.

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #teoritawadancaracarameluculainnya #kaielian #fiksi #metamorfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget