Pages

10 June, 2024

[Review buku] Seorang pria yang melalui duka dengan mencuci piring


Judul: Seorang pria yang melalui duka dengan mencuci piring
Penulis: dr. Andreas Kurniawan, Sp. KJ
Penerbit: GPU
Dimensi: xv+192 hlm, cetakan pertama 2023 (edisi gramedia digital)
ISBN: 9786020674674

Apakah berduka adalah gangguan mental?
Berapa lama waktu yang diperlukan untuk berduka?
Apa batasan normal berduka dan bagaimana duka yang tidak wajar?

Jangan tertipu dengan judul dan cover yang unik! Itulah kesan yang tertanam setelah saya menamatkan #buku ini. Halamannya tidak banyak, tapi isinya seperti deep talk dengan diri sendiri. Khususnya bagi kamu yang pernah kehilangan. Saya sendiri di posisi #kehilangan ayah di waktu kecil. Sehingga saat membaca, seakan diajak menapaktilasi momen saat ayah meninggal dan respon yang saya berikan di usia 11 tahun serta dampak hingga kini saya berusia 34 tahun.

Penulis piawai sekali dengan keilmuannya sebagai psikiater menceritakan dukanya dalam menyikapi kehilangan anaknya yang berusia 1,5 tahun: Hiro. Bagaimana dirinya berefleksi atas kehadiran anaknya yang tidak sempurna di mata manusia (menderita syndrom mobieus sehingga tidak bisa berekspresi, serta ada masalah saraf kranial membuat satu tangan Hiro bulat tidak ada jarinya seperti tangan doraemon, tokoh kesukaan penulis), namun begitu sempurna melengkapi puzzle hidup penulis.

Gaya bahasanya memang ringan, diselipi beberapa pengetahuan tentang ilmu kejiwaan, banyak metafora dan analogi yang memudahkan, tapi membuat saya merenung lama. Tidak ingin cepat² menamatkan. Seakan sedang memahami diri sendiri dan membuat saya menangis. Oh, ternyata saya masih berduka. Oh, ternyata saya normal. Oh ternyata itu namanya!

Saya rekomendasikan bagi yg sedang berduka atau ingin menghibur yang berduka.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #seorangpriayangmelaluidukadenganmencucipiring #andreaskurniawan #nonfiksi #metamorfillah 

No comments:

Post a Comment

Text Widget