Pages

17 June, 2024

[Review buku] Ours


Judul: Ours
Penulis: Adrindia Ryandisza
Penerbit: GPU
Dimensi: 208 hlm, 20 cm, cetakan pertama 2021 (edisi gramedia digital)
ISBN: 9786020656311

Setiap keputusan yang terjadi dalam pernikahan, adalah dasar bagi suami dan istri menentukan sikap, bukan berdasarkan omongan orang.

Itulah value utama dari #novel ini. Menceritakan Prita dan Andi yang menikah dan memutuskan childfree setelah berdiskusi sebelumnya. Meski keduanya sangat yakin dan berkomunikasi dengan baik, namun seiring waktu berlalu ujian pun datang. Dua tahun menikah, pertanyaan tentang anak semakin banyak. Terutama dari keluarga Andi.

Ibu mertua Prita bahkan meminta untuk memeriksakan diri ke dokter, khawatir ada isu kesehatan yang menyebabkan mereka belum memiliki anak. Hingga akhirnya Prita dan Andi mengumumkan bahwa mereka memilih childfree, ditambah bisnis Andi sedang menurun omsetnya, semua itu menjadi ujian bagi pernikahan mereka. Trauma masa kecil dari ibu Prita, juga uluran tangan dari Kenzo (duda yang naksir Prita) membuat komunikasi keduanya tidak lagi sehat. Perlukah pernikahan dipertahankan atau lebih baik diselesaikan?

Gagasan yang dibawa cukup menarik buat saya, namun pembangunan karakter serta konflik rasanya kurang tajam. Seperti tokoh ayah Prita, tidak sedikit pun digambarkan bagaimana karakternya, cara komunikasinya dengan Prita selama membesarkannya, padahal ia adalah tokoh kunci untuk menjadi penjelas kisah trauma serta kebencian Prita terhadap mamanya. Juga ending yang biasa saja, rasanya belum tuntas permasalahan dan masih bisa dikembangkan lagi. Apalagi dengan budaya indonesia, sepertinya tidak semudah itu bisa diterima konsep childfree sebelum dicoba ragam solusi.

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #ours #adrindiaryandisza #fiksi #metamorfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget