Pages

25 February, 2024

[Review buku] Seni memahami perasaan anak

Judul: Seni memahami perasaan anak
Penulis: Park Jae Yeon
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia
Dimensi: xiv+290 hlm, 14x21 cm, cetakan pertama Desember 2021 (edisi digital di ipusnas)
ISBN: 9786024816919

Cover yang menarik dan pilihan font membuat saya ingin membeli buku ini saat di toko buku. Namun harganya lumayan juga, sehingga urung. Alhamdulillah di ipusnas ada dan dapat meski antrean banyak. Saat membuka halaman pertamanya langsung suka. Sebab merasa dimengerti dan terwakilkan.

Isi buku ini hanya dibagi menjadi 2 bab, di mana bab pertama tentang "Memahami dan berempati pada diri sendiri sebagai seorang ibu" yang terdiri dari 11 part, di mana 7 part serasa diajak berdialog dan mencari akar masalah mengapa kita bisa tidak sabar atau marah² saat menjadi ibu. Di 4 part berikutnya adalah latihan dialog internal dengan beragam contoh kasus.

Sementara di bab kedua barulah membahas "Memahami dan berempati terhadap anak kita" yang terdiri 23 part tentang ragam rasa atau situasi dan apa yang sebaiknya kita lakukan, alih-alih berkata sesuatu. Mulai jleb-jleb di bagian ini. Sebab sadar, kadang diri ini suka memangkas waktu atau ingin segera terpenuhi keinginan hingga mengatakan yang harusnya tidak dikatakan.

Lalu di lampiran ada daftar kebutuhan dan daftar perasaan. Menariknya, di tiap akhir part tiap bab selalu diakhiri role play dan tips bagaimana berkomunikasi empati. Penulis yang merupakan single mom, bercerai, memiliki luka pengasuhan karena sering dipukul ayahnya, membuat semuanya terasa berat tapi bisa dilakukan dengan sadar dan latihan. Sebab dia sudah melakukannya selama belasan tahun, dan terus belajar hingga kuliah jurusan psikologi. Pengin beli bukunya sih, sebab dibaca digital gini gak bisa dicoret². Dan mungkin perlu sering ditengok ulang kalau abis marah sama anak.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #senimemahamiperasaananak #parkjaeyeon #parenting

No comments:

Post a Comment

Text Widget