Pages

02 February, 2024

[Review buku] The next person you meet in heaven



Judul: The next person you meet in heaven
Penulis: Mitch Albom
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 208 hlm, 15 cm, cetakan pertama 2019
ISBN: 9786020630762

15 tahun lalu, dalam buku "The five people you meet in heaven" penulis mengisahkan tentang Eddie dan kehidupannya, sebelum mati menyelamatkan gadis kecil di Taman Ruby Pier. Kini tokoh cerita di buku ini adalah Annie, sang gadis kecil yang diselamatkan dan menjalani kehidupan yang dipenuhi rasa bersalah akan banyak hal. Saat hidupnya terasa begitu indah setelah bertemu Paulo, cinta pertamanya, kecelakaan malah membuatnya menemui 5 orang di surga yang mengajarkannya tentang pengampunan dan kesyukuran.

Pertanyaan seperti apa yang akan kita temukan setelah mati? Bagaimana kehidupan kita berdampak bagi kehidupan lainnya? Apakah setiap keputusan dalam hidup kita berkaitan dengan kehidupan lain? Bagaimana memaknai hidup yang dijalani? Semua itu digambarkan penulis dalam fiksi indah dan sendu ini. Membuat kita merenungi alasan-alasan sesuatu harus terjadi baik itu bahagia atau nestapa. Hingga akhirnya kita memaknai PULANG dengan lebih baik, sebelum ajal menjemput.

Itulah yang terjadi pada Annie. Ia bertemu dengan dr. Sameer yang mengoperasi lengannya, Chloe anjing setianya, Lorriane ibunya dengan beragam rahasia hidup mereka, Eddie sang penyelamatnya, dan Paulo suami yang baru dinikahinya.

Meski berbeda keyakinan dengan penulis, namun novel ini menyentuh sebagaimana novel sebelumnya yang menjadi favorit saya. Sebab bisa jadi kita adalah Annie, yang merasa hidup kita tak pernah benar, selalu mengacaukan, bodoh, dan buta dari karunia yang Allah berikan. Cocok dibaca sebagai refleksi dan hiburan, sebab gaya bahasanya pun ringan, meski maknanya dalam.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #thenextpersonyoumeetinheaven #mitchalbom #fiksi #novel

No comments:

Post a Comment

Text Widget