Pages

21 February, 2024

[Review buku] 7 tahun kegelapan


Judul: 7 tahun kegelapan
Penulis: Jeong You-jeong
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 560 hlm, 20 cm, cetakan 2020 (edisi digital di ipusnas)
ISBN: 9786020646602

Hidup Choi Se Won hancur saat ayahnya (Hyeon su) ditangkap atas pidana pembunuhan seorang gadis kecil bernama Se ryong di danau Seryong. Meski ia berpindah tempat ke rumah paman dan bibinya, berganti sekolah puluhan kali, namun identitasnya selalu terbongkar saat Sunday magazine hadir menguak berita tentang ayahnya dan foto dirinya. Hal itu berulang selama 7 tahun hidupnya. Hingga kini ia berusia 19 tahun dan mulai menetap di Desa Mercusuar bersama Paman Ahn, rekan kerja ayahnya dulu.

Seo won membenci ayahnya karena hal itu dan tidak memiliki impian sebagaimana anak-anak seusianya. Namun, suatu malam ia menerima paket dan Paman Ahn menghilang. Saat ia membuka paket itu, ia menemukan kebenaran tentang kasus kematian gadis kecil bernama Se ryong. Ternyata penjahat utama yang telah menerornya adalah ayah gadis itu sendiri, Oh Yeong je. Ayahnya berada di tempat dan waktu yang salah. Dan puncak 7 tahun kegelapan itu adalah esok, hari di mana ia harus mengambil jenazah ayahnya yang dihukum mati di penjara.

Buku tebal ini amat detail dengan deskripsi tokoh dan latarnya. Sehingga kita bisa memahami psikologis tiap tokohnya dengan jelas. Hanya saja alurnya maju mundur tiap tokoh, menjelaskan alasan di balik tiap keputusan. Genre fiksi thriller ini cukup menegangkan, dan bisa saya bayangkan adegannya dalam film (ada filmnya juga, tapi saya belum nonton). Kisah sesungguhnya cukup memilukan, terutama bagi Seo Won. Masa depan gemilang yang disiapkan ibunya serta cinta ayahnya tak sempat ia rasakan sebab teror Oh Yeong je.

Surat dari mantan istri Yeong je menjelaskan mengapa karakter Yeong je seperti itu. Semacam gangguan jiwa, sadis dan ada turunan dari ayahnya. Untuk yang suka genre  psikologis pasti senang dengan detail ini. Namun buat saya, sebab membaca digital di ipusnas, mata agak lelah dan bosan dengan detail, sehingga banyak yang saya skip deskripsinya.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #7tahunkegelapan #jeongyoujeong

No comments:

Post a Comment

Text Widget