Pages

04 February, 2024

[Review buku] The magic strings of Frankie Presto


Judul: The magic strings of Frankie Presto
Penulis: Mitch Albom
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 576 hlm, 20 cm, cetakan pertama 2016 (edisi digital di ipusnas)
ISBN: 9786020333809

Saat hidup seseorang terselamatkan, sebuah  dawai dari enam dawai di gitar Frankie Presto berubah warna menjadi biru. Apa yang menyebabkannya? Mengapa dawai itu tak pernah putus hingga 20 tahunan? Hubungan apa yang dimiliki Frankie Presto dengan dawai ajaib itu?

Dengan Musik sebagai narator diselingi eulogi dari para tokoh terkenal yang diwawancara, mereka menceritakan potongan kisah hidup Frankie Presto dari tiap sudut pandang mereka. Sejak kelahirannya yang misterius di Spanyol, pengasuhan oleh Baffa pemilik pabrik sarden, penemuan bakat dan guru yang tepat sang El Maestro, hingga penyelundupan dirinya ke Amerika yang membuatnya menyadari hidupnya terdiri dari banyak dusta, dan menjadi dirinya yang terkenal saat ini.

Menelusuri sejarah musik, istilah, dan tokoh-tokoh legendaris dari rock & roll, country, jazz, hingga modern meski saya tidak mengerti, namun terasa asyik. Sampai saya berpikir awalnya tokoh Frankie Presto ini nyata. Namun ternyata setelah saya browsing, ini tokoh rekaan. Fiksi yang kuat dan memperkaya wawasan saya tentang musik. Namun, tidak saya apresiasi sempurna justru sebab endingnya. Bagi saya twistnya cukup membuat merinding dan terasa seperti iluminati. Tapi agak maksa dan sedikit aneh.

Satu hal yang saya suka di novel ini adalah filosofi berikut:
"Dalam hidup ini setiap orang bergabung dengan band. Apa yang kaumainkan senantiasa memengaruhi orang lain. Ada kalanya hal itu memengaruhi dunia." (H. 563)

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #themagicstringsoffrankiepresto #mitchalbom #fiksi #novel

No comments:

Post a Comment

Text Widget