Pages

09 December, 2023

[Review buku] Telepon pertama dari surga


Judul: Telepon pertama dari Surga
Penulis: Mitch Albom
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 424 hlm, 20 cm, edisi digital di ipusnas, cetakan kedua Agustus 2019
ISBN: 9786020311418

Delapan orang di Coldwater menerima telepon dari keluarga/kenalan mereka yang telah meninggal. Telepon itu dimulai bulan September, tiap Jumat, hingga Desember saat Natal. Berkat pengakuan Kateryn dan Elias, kisah telepon dari surga menjadi populer sejak diliput oleh Amy Penn. Mendadak gereja dipenuhi orang yang ingin bertobat, juga aktivitas kota menjadi giat dan mendatangkan banyak untung dari segi bisnis.

Sayangnya, Sully tidak sepakat. Ia yang masih berduka akibat kehilangan istrinya dan baru selesai dipenjara militer, tidak suka saat rumor telepon dari surga itu diimani oleh anak laki-lakinya yang berusia tujuh tahun, Jules. Sully dengan naluri militernya melacak benang merah antara delapan orang yang mengaku mendapat telepon dari surga. Salah satu hal yang ditemukannya adalah kesamaan jenis perangkat telepon yang digunakan. Namun, masih ada misteri tentang bagaimana suara orang-orang tersebut bisa sama persis dan tahu riwayat hubungan penelepon dan yang ditelepon dengan baik.

Saat menemukan jawaban yang ternyata bermula dari kisah hidupnya sendiri, ia mengalami mukjizat yang disangkalnya. Ia menerima telepon dari istrinya yang sudah meninggal pada pukul 7.44, sementara pelaku sebenarnya sudah mati di pukul 6.52. Benarkah kita bisa terhubung dengan surga? Itulah bagian kerja sebuah iman.

Novel yang mengangkat sudut pandang religi dari kristen/katolik/gereja ini cukup menyentuh. Ditambah ada beberapa sejarah tentang penemuan telepon di masa lalu, sekelumit kisah Alexander Graham Bell dan istrinya yang tuna rungu, juga partnernya Thomas Edison yang menyarankan "Halo" untuk kali pertama. Membuat saya menemukan beberapa hal baru dan belajar.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #mitchalbom #firstphonefromheaven #teleponpertamadarisurga

No comments:

Post a Comment

Text Widget