Pages

23 December, 2023

[Review buku] Marriage undercover


Judul: Marriage undercover
Penulis: Setia Furqon Kholid & Manda Ina Agustina
Penerbit: Rumah Karya Publishing
Dimensi: 157 + 295 hlm, cetakan kedua Juli 2021
ISBN: -

Buku ini ditulis oleh pasangan suami istri, yang menuturkan melalui sudut pandang suami dan sudut pandang istri secara terpisah. Jadi secara tampilan seperti ada 2 buku, namun disatukan depan belakang. Secara garis besarnya dibagi menjadi 2 bagian: kasur dan dapur.

Di buku suami, bagian kasur membahas tentang ta'aruf, menjaga energi cinta, dan respon saat istri hamil dan berubah secara fisik. Di bagian dapur membahas tentang melek finansial, mencetak generasi rabbani, love trip, rumah impian dan problematika rumah tangga (tanggung jawab lebih lelaki, jebakan hobi, suami bantu domestik, cara dekat dengan mertua, dan perselingkuhan). 

Sementara bahasan istri di bagian kasur tentang malam pertama, honeymoon, tentang buah hati (kehamilan, KB, dan baby blues), menjadi istri idaman dan serba serbi pernikahan (LDM, poligami, talak). Di bagian dapur membahas kiat menjadikan rumah sebagai surga meski belum ideal, dan cara mengelola keuangan.

Secara gaya bahasa, keduanya asyik dan praktikal. Namun memang cukup banyak typo dan peletakan tanda baca yang kurang tepat. Bagi saya cukup terganggu saat membacanya. Seperti geregetan, andai bisa lebih baik praktik penulisan bahasa indonesianya (masukan bagi penulis).

Membaca 2 sudut pandangnya, meski tidak terlalu banyak hal baru yang saya dapat, namun kembali mereminder bahwa "Oh gitu ya, POV laki-laki. Gak suami gw doang." Juga saat membaca POV istri, "Oh ternyata aku tak sendiri. Wajar. Gak gila."

Buku ini saya rekomendasikan untuk yang berazzam menikah, juga yang sedang menjalani. Tidak ada senioritas dalam pernikahan. Usia pernikahan berapa pun, tetap harus menimba ilmu seakan masih pengantin baru.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #marriageundercover #setiafurqonkholid #mandainaagustina

No comments:

Post a Comment

Text Widget