Pages

18 December, 2023

[Review buku] Dry (kering)


Judul: Dry (kering)
Penulis: Neal dan Jarrod Shusterman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 456 hlm, 20 cm, edisi digital di ipusnas, cetakan 2020
ISBN: 9786020640884

"Buku ini dipersembahkan kepada mereka yang berjuang menghentikan dampak menghancurkan dari perubahan iklim."

Tertulis di lembar persembahan seperti itu. Membaca kisah novel ini pun rasanya menakutkan. Sebab deskripsi dan konflik yang terbangun berdasarkan peristiwa keran mati selama 2 pekan di California ini terasa begitu kuat dan relevan. Terbayang saat krisis air bersih di Bogor, kota hujan!

Dengan tokoh remaja bernama Alyssa, Garret adiknya, Kelton, ditambah Jacqui dan Henry mereka bertemu dan berjuang tetap hidup dan bermoral di tengah zombi air. Hari pertama sampai ketiga sejak keran mati, moralitas masih ada. Namun di hari keempat, yang menurut Kelton "tiga hari menuju fase kebinatangan" mulai terjadi. 

Keluarga Kelton McCracken diserang oleh warga perumahannya sendiri. Sebab hanya keluarganya yang siap dengan segala krisis yang terjadi. Ayahnya terutama, mantan dokter militer yang berdikari untuk keluarganya. Melakukan konservasi air dengan baik, memasang panel surya, hingga berkebun dan menyiapkan ruang aman serta ruang pengungsian di Hutan Nasional. Namun sayangnya, ayahnya tidak mau berbagi sebab takut tak cukup.

Konflik pemicu adalah hilangnya orangtua Alyssa dan tertembaknya Brady, kakak Kelton. Mereka akhirnya berusaha ke pengungsian Kelton. Di perjalanan bertemu dengan Jacqui dan Henry. Hingga titik akhirnya, mengecewakan dan membuat Alyssa berpikir untuk bunuh diri. Di sanalah terjadi keajaiban moralitas yang membuat mereka berhasil menjadi penyintas. Setelahnya, normal yang baru, tak lagi sama. Orang-orang lebih sadar akan isu perubahan iklim dan tidak seenaknya menggunakan air.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #dry #nealshusterman #jarrodshusterman #krisisair #climatechange

No comments:

Post a Comment

Text Widget