Pages

22 December, 2023

[Review buku] Suluh Rindu


Judul: Suluh Rindu
Penulis: Habiburrahman El Shirazy
Penerbit: Republika
Dimensi: iv + 594 hlm, 13.5x20.5 cm, cetakan kedua Agustus 2022
ISBN: 9786232791503

Buku ini adalah sekuel dari dwilogi pembangun jiwa. Buku pertamanya berjudul Kembara Rindu. Secara fisik, jauh lebih tebal buku kedua ini. Menceritakan perjalanan rasa Ridho dan Syifa. Dulu, saya merasa tidak paham dengan maksud novel pembangun jiwa. Namun, setelah membaca karya kesekian kang abik ini, benar-benar bikin jiwa tergugah sih. Detail perjuangan tentang menghafal Al Quran, mencapai sanad, hingga menuntut ilmu terdeskripsikan dengan baik.

Meski secara konflik sebenarnya sederhana dan amat bisa ditebak, tapi detailnya membuat tidak bosan. Apalagi melihat keadaan Palestina, tokoh-tokoh yang digambarkan penulis amat saya yakini ada hanya sedikit jumlahnya. Betapa saya jadi ingin nyantri, merasa banyak hal yang saya ilmui sejauh ini masih kurang tentang agama dan persiapan akhirat.

Melalui Syifa dan kenaifannya pun, saya bisa memahami pengambilan keputusan dan latar belakangnya. Setelah merasakan jadi istri dan ibu, terutama dengan background ilmu agama, saya yakin ada banyak Syifa yang bertahan dalam rumah tangganya demi ridha Allah. Namun, dengan kecerdasannya mereka pun memiliki batasan, yang bila dilanggar maka cerai menjadi jalan akhirnya. Bisa menentukan sikap tanpa jadi korban toxic relationship.

Pun dengan Ridho dan kehilangannya, tentu tak semudah itu melanjutkan hidup tanpa kekasih hati, ditambah amanah 2 anak. Selain kisah mereka, kisah tokoh pendukung lainnya pun menarik dan memberi banyak pembelajaran agar kita benar-benar husnudzan dan taat sama Allah. Perlahan-lahan mimpi dan doa kita terwujud, meski jalannya tidak mudah sebagaimana Nabi Yusuf.

Meski ada beberapa typo terkait nama seperti tertukar antara Syifa dan Lina, juga kedudukan Diana yang bungsu tertulis sulung, tapi tidak begitu banyak dibanding jumlah halaman seluruhnya.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #kangabik #suluhrindu

No comments:

Post a Comment

Text Widget