Pages

08 July, 2018

[Mentoring] FIQH DAKWAH - KAIDAH 2: HIDAYAH ALLAH MELALUI TANGANMU LEBIH BAIK DARI SEEKOR UNTA MERAH

FIQH DAKWAH - KAIDAH 2: HIDAYAH ALLAH MELALUI TANGANMU LEBIH BAIK DARI SEEKOR UNTA MERAH

Kalimat itu disabdakan Rasul saat perang Khaibar. Begini runutan haditsnya:

Dari Abul `Abbas Sahl bin Sa’d As Sa’idy radhiyallahu ‘anhu bahwasanya ketika perang Khaibar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Besok pagi aku akan memberikan panji kepada seseorang yang Allah akan memberikan kemenangan melalui kepemimpinannya. la mencintai Allah dan rasul-Nya serta Allah dan rasul-Nya pun mencintainya”. Semalaman orang-orang ramai membicarakan siapakah di antara mereka yang akan diserahi panji itu. Pagi harinya mereka datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan semuanya mengharapkan agar dirinya yang diserahi panji itu.

Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Di manakah Ali bin Abu Thalib?” Ada yang menjawab: “Wahai Rasulullah, ia sedang sakit mata”. Beliau bersabda : “Panggillah ia kemari”. Ketika Ali datang maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meludahi kedua matanya dan mendoakannya. Lantas sembuhlah penyakit itu seakan-akan ia tidak kelihatan kalau baru saja sakit, kemudian ia diberi panji oleh beliau. Ali radhiyallahu ‘anhu berkata,

“Apakah saya harus memerangi mereka sehingga mereka seperti kami ini?”

Beliau menjawab,

“Laksanakanlah dengan tenang sehingga kamu sampai di daerah mereka, kemudian ajaklah mereka untuk masuk Islam dan beritahukan kepada mereka tentang hak Allah Ta’ala yang harus mereka kerjakan. Demi Allah, seandainya Allah memberi petunjuk kepada seseorang lantaran ajakanmu maka itu lebih baik bagimu dari pada seekor unta merah”. (Muttafaqun ‘alaih).

Unta merah di zaman Rasul adalah lambang kekayaan, mahal (mungkin kalau dikonversikan ke zaman now, seharga mobil alphard). Bayangkan mendakwahi satu orang di jalan allah lebih baik dari memiliki satu unta merah/alphard. Masih ragu untuk berdakwah?

#catatansepemahamanpenulis

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget