Pages

08 July, 2018

[Mentoring] Tadabbur Q.S. Al Anfal [8]: 1-4

Tadabbur Q.S. Al Anfal [8]: 1-4

Q. S. Al anfal ayat 1:

"Mereka menanyakan kepadamu tentang (pembagian) harta rampasan perang. Katakanlah: Harta rampasan perang kepunyaan Allah dan Rasul, oleh sebab itu bertakwalah kepada Allah dan perbaikilah perhubungan di antara sesamamu; dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya jika kamu adalah orang-orang yang beriman."

Ayat ini menjelaskan peristiwa pasca perang badar: terjadi perebutan ganimah (harta rampasan perang), sahabat bertanya milik muhajirin atau anshar-kah? Allah segera menjawab kegalauan dan memperingatkan kaum muslimin agar jangan sampai harta merusak hubungan dengan sesama.

Q. S. Al anfal ayat 2-4

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.
(yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.
Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia."

Ayat ini menjelaskan tentang sifat-sifat orang yang beriman. Bagaimana cinta pada Al Quran. Saat kita enggan pada Al Quran, maka Al Quran pun enggan dihafalkan oleh kita.

Begitu pun shalat. Jangan sampai shalat kita hanya sekadar menggugurkan kewajiban. Padahal shalatlah benteng diri kita yang mencegah kekufuran.

#catatansepemahamanpenulis

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget