Pages

20 May, 2024

[Review buku] The whole brain child: 12 strategi


Judul: The Whole Brain Child: 12 Strategi Revolusioner Mendukung Perkembangan otak Anak
Penulis: Daniel J. Siegel & Tina Payne Bryson
Penerbit: Noura Books
Dimensi: 336 hlm, cetakan pertama September 2021 (edisi digital ipusnas)
ISBN: 9786232422766

Mengapa semakin bertambah usia, anak semakin sulit diatur?

Ternyata semua itu sebab otak anak kita yang masih berkembang hingga usia 20 tahun. Buku ini mengajak kita memahami otak mereka secara utuh. Di awal saja kita sudah disadarkan bahwa pengasuhan itu terjadi all the time, bukan hanya saat kita memberi nasihat. Namun segala aktivitas yang kita lakukan, apa pun itu, terekam dalam otak anak kita. Semua itu menjadi tolok ukur mereka dalam menyikapi sesuatu.

Seperti ketika anak kita trauma, cara kita mengatasinya akan memberi dia pedoman bagaimana menyikapi bila terjadi hal yang ia takutkan lagi. Apakah mengabaikan? Merefleksikan dengan bercerita? Atau malah menghapusnya? Di buku ini diterangkan cara sederhana menghadapi anak kita adalah dengan memosisikan dulu otak dominan yang sedang mereka fungsikan. Saat ada suatu kejadian, apakah mereka mengaktifkan otak kirinya yang logis/sistematis atau otak kanannya yang berisikan emosi/kreativitas? Lalu dalam penyelesaiannya, apakah mereka mampu mengaktifkan otak atasnya yang berpikir atau membiarkan otak bawahnya membajak dengan luapan emosi?

Semua itu bisa dilatih dengan strategi seperti metode bercerita, mengajak anak berpikir dan mendengarkan, menggerakkan tubuh untuk menenangkan emosi, dan mendorong empati anak saat berada di tengah konflik.

Saat membaca buku ini, saya teringat ceramah dr. Aisah Dahlan dan konsep STIFIn yang saya pelajari saat mengajar. Namun buku ini tidak sedetail keduanya yang menjelaskan secara ilmiah. Lebih kepada aplikasi praktis yang dijabarkan sesuai usia dan ada lembaran yang disediakan untuk ditempel di kulkas. Kisah yang tersaji pun menarik dan diperkuat ilustrasi yang memudahkan. Namun, bila tidak jeli, banyak yang terasa diulang-ulang dalam buku ini, sehingga cukup membosankan.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #thewholebrainchild #12strategirevolusioner #nonfiksi #metamorfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget