Pages

16 December, 2020

[Review buku] The Chronicles of Ghazi (seri pertama)

Judul: The Chronicles of Ghazi (seri pertama)
Penulis: @felixsiauw & @sayfghazi 
Penerbit: @katalogalfatihpress 
Dimensi: 324 hlm, cetakan III november 2018
ISBN: 9786021799765

Kisah dibuka dengan pertemuan Al Fatih remaja dan Dracula/Vlad III. Betapa takdir mereka setelahnya ternyata sudah tergariskan sejak jauh sebelumnya. Penakluk konstantinopel melawan manusia terkejam haus darah hingga melegenda dalam film horor masa kini: Dracula.

Lalu alur flash back ke tahun 1389 hingga pecah perang salib. Perang yang digaungkan atas nama agama Kristendom, namun membawa pasukan  dengan motif duniawi yang berbeda. Intrik politik dan kekuasaan yang tidak seirama sebagaimana umat islam yang hanya satu suara: jihad. Terlihat strategi pemimpin di kota Oryahovo dan Nicopolis, serta kesatuan umat saat khilafah tegak (Turki Ottoman).

#novel #fiksi #sejarah ini seru sekali bagi saya. Meski tetap saja, saya lemah dalam mengingat kembali nama tokoh, waktu, dan tempat. Ilustrasi lokasinya pun tetap tidak membantu saya membayangkan, ini kota mana ya sekarang? Haha.

Tapi saya jadi punya gambaran alur dan motif. Sebab perang pun, ternyata tidak sekadar perang. Apalagi yang diajarkan dalam Islam. Saya jadi paham tentang jihad qital yang dimaksud, hingga membedakan dengan perang lainnya.

Ada beberapa typo dalam penulisan, tapi tidak sampai mengganggu isi atau alur cerita.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

"Semuanya hanya titipan. Betapa tidak tahu dirinya seseorang, kalau dia menyombongkan sesuatu yang bukan miliknya." (H.139)

Meta morfillah

#reviewbuku
#resensibuku
#Buku

No comments:

Post a Comment

Text Widget