Pages

07 December, 2020

[Review buku] Berdamai dengan hidup pas-pasan

Judul: #Berdamai dengan hidup pas-pasan
Penulis: Rofi Ali Majid
Penerbit: Psikologi Corner
Dimensi: xii + 204 hlm, cetakan pertama november 2019
ISBN: 9786232440364

Mulanya kita diajak berpikir untuk memahami keberadaan diri kita sebagai manusia di dunia. Lalu perubahan yang terjadi hingga kondisinya menjadi seperti saat ini. Seakan yang memiliki harta adalah penguasa. 

Konsep inti yang ingin disampaikan #penulis adalah #belajar dari Nordik, negara yang memiliki tingkat kebahagiaan tinggi tiap tahunnya. Filosofi lagom ar bast (Jumlah yang tepat adalah yang terbaik) yang dijunjung Swedia dan Hygge (mencintai diri sendiri dan menikmati kesenangan-kesenangan yang sederhana) ala Denmark. Ditutup dengan menumbuhkan semangat memberi/bersedekah dibanding memiliki.

Secara gaya bahasa, mengalir, mudah dicerna, dan enak dibacanya. Namun, saya merasa timpang dalam peta konsep. Terasa seperti banyak #konsep dimasukkan, tapi tidak terasa alur/benang merahnya. Hanya pemaparan yang tidak berkaitan/tempelan. Jadi tidak deep untuk meaningnya. Kurang matang dan kabur/bias konsep utamanya. Seperti penulis ingin menunjukkan betapa suka #berpikir dan banyak #membaca dirinya, begitu memuja teori Barat tentang kecerdasan berpikir. Ada beberapa typo juga. 

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

"Satu syarat penting sebelum melakukan perubahan: mempunyai kapasitas untuk menyadari kesalahan."(H.90)

"Banyak orang tampaknya #hidup bebas, tapi sesungguhnya terpenjara oleh kesibukan, hingga kesulitan memaksimalkan akalnya untuk berpikir karena tenaganya sudah habis." (H.173)

Meta morfillah

#reviewbuku #resensibuku #hiduppaspasan 

No comments:

Post a Comment

Text Widget