Pages

10 May, 2019

[Mentoring] Rasul bukanlah orang yang buruk perkataan dan perbuatannya

Rasul adalah orang yang istimewa. Kehadirannya sangat dinantikan bahkan oleh nabi sebelumnya,  seperti nabi ibrahim, sampai doanya diabadikan di q. s. 2:129. 

رَبَّنَا وَابْعَثْ فِيهِمْ رَسُولًا مِّنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ ﴿١٢٩﴾
Ya Rabb kami, utuslah untuk mereka sesorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab dan Al-Hikmah serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al-Baqarah[2]: 129)
Dijawab allah di q. s. 3:164.

لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ
"Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab dan Al Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata." 

Kehadirannya pun juga dikabarkan nabi isa, q. s. 61:6

وَإِذْ قَالَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرَاةِ وَمُبَشِّرًا بِرَسُولٍ يَأْتِي مِنْ بَعْدِي اسْمُهُ أَحْمَدُ ۖ فَلَمَّا جَاءَهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ قَالُوا هَٰذَا سِحْرٌ مُبِينٌ
Dan (ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)". Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata".

Satu-satunya rasul yang lahir di Makkah, tempat kakbah/kiblat muslim.
Bersih jiwa, tandanya dari ucapan dan perbuatan. Seperti teori teko Aa Gym.

Rasul adalah contoh terbaik terutama dalam ucapan dan akhlak. Hingga diberi gelar Al Amin (terpercaya).

Berhasilnya dakwah islam saat itu bukan hanya karena mulianya agama islam itu sendiri dan kehebatan al quran,  melainkan juga karena pesona akhlak rasul. Nabi Musa saja tidak berani saat disuruh berdakwah karena ia memiliki dosa pernah membunuh. Sementara rasul sangatlah terjaga,  sejak kecil hatinya dibersihkan oleh malaikat.

Yang paling mengenal akhlak rasul adalah Aisyah, sebab ia tahu dari bangun hingga tidurnya.
Ingat kisah thaif. saat Rasul dilempari kotoran dan malaikat gunung menawarkan untuk membinasakan penduduk itu? Atau kisah pengemis buta yang disuapi tiap hari padahal ia selalu mencela Rasul? Kesaksian Anas bin Malik bahwa Rasul tidak pernah marah pada khadimatnya,  kalau bisa dikerjakan sendiri, tidak menyuruh. Menurut cucunya, rasul sangat menyenangkan.

Satu saja kebaikan rasul diteladani,  insya allah akan mendatangkan kebaikan.

المسْلِمُ مَنْ سَلِمَ المسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ , و المهاجِرَ مَنْ هَجَرَ مَا نهَى اللهُ عَنْهُ
“Yang disebut dengan muslim sejati adalah orang yang selamat orang muslim lainnya dari lisan dan tangannya. Dan orang yang berhijrah adalah orang yang berhijrah dari perkara yang dilarang oleh Allah .” (HR. Bukhari no. 10 dan Muslim no. 40 )


Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget