Pages

19 January, 2024

[Review buku] Sapiens grafis 2: Pilar-pilar peradaban


Judul: Sapiens grafis 2: Pilar-pilar peradaban
Penulis: Yuval Noah Harari
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia
Dimensi: 256 hlm, 17 x 24 cm, cetakan pertama Januari 2022 (edisi digital di ipusnas)
ISBN: 9786024817558

Buku kedua ini membahas tentang revolusi pertanian yang menjadi cara bertahan homo sapiens hingga menjadi banyak. Dari jumlah banyak itu, lahirlah negara, agama, ekonomi, hingga banyak evolusi politik.

Penulis begitu mengagungkan teori evolusi (sains biologi), sehingga tidak memercayai Tuhan. Dia yakin bahwa manusia tercipta karena evolusi, bukan karena Tuhan. Tidak aneh, menilik penulisnya memang ateis. Maka, membaca sebuah buku juga perlu mengenali latar belakang penulisnya, agar kita paham ide besar dan holistiknya. Sekali lagi, hati-hati memilih bacaan jika tauhidmu belum kuat.

Di buku kedua ini, jujur saya malah eneg sebab banyak sekali pertentangan dengan keyakinan. Bagi penulis ini adalah tentang fiksi. Isu feminitas, rasis, childfree, LGBT semua dibahas dengan tanggung. Terkesan terbuka akan segala pemikiran, namun mempertahankan dari segi evolusi dan lagi-lagi penyamaan dengan hewan seperti bonobo dan gajah. Yang menurut saya ujungnya gak jelas. Debat kusir tapi argumentasi lemah.

Memang benar, beragama itu tidak sekadar berlogika. Tapi juga beriman. Sebab jika kita mengagungkan logika/sains, percayalah semuanya terbatas. Indra kita terbatas. Membaca buku seperti ini, makin menguatkan saya akan kebenaran Islam.

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #sapiens #pilarpilarperadaban #yuvalnoahharari

No comments:

Post a Comment

Text Widget