Pages

29 May, 2020

[Review buku] Muhammad: Generasi penggema hujan

Judul: Muhammad: Generasi penggema hujan
Penulis: Tasaro GK
Penerbit: Bentang
Dimensi: viii + 620 hlm, 23.5 cm, cetakan kedua Juni 2016
ISBN: 9786022911272
.
"Ada hal-hal yang hanya bisa engkau pahami ketika engkau mengalaminya. Siapa pun yang memilih jalan agama ini, lalu mengkaji ajaran Nabi, #kerinduan itu seperti sebuah #kekuatan yang menguasai pikiran dan hatimu.
Ajarannya seperti #hujan yang membasahi tanah-tanah retak." (H.320)

Meski ini adalah novel biografi, membaca kisah yang bertautan dengan Rasulullah selalu menggerimiskan hati. Ya, saya lama menandaskan buku ini bukan karena tebalnya, tapi karena sesenggukannya.

Membayangkan betapa pedih hari-hari ketika umat mulai terpecah. Betapa berat menjadi khalifah saat dunia (harta dan jabatan terutama) mulai menggoda umat: sebagaimana Ali. Lalu membandingkan diri ini yang tidak ada apa-apanya dibandingkan para sahabat. Namun masih berharap ridhaNya dan surga.

Melalui #novel ini, saya lebih memahami emosi dan alasan berbagai kejadian dengan lebih empati. Tidak seperti sirah yang umumnya hanya berupa pengisahan rentetan kejadian tanpa dijiwai. Membuat saya tak paham, apa sih yang bikin marah/sedih/kecewa?

Kadang, mempelajari hal yang serius jauh lebih mudah melalui kisah fiksi bagi saya. Banyak pembelajaran yang saya ambil, antara lain jangan merasa paling benar, suci, dan sombong. Bahkan sahabat yang termasuk 10 orang dijamin masuk surga bisa menyesal karena dunia berhasil mengubah niatnya. Wallahu'alam, meski dijamin masuk surga, tapi saat hisab akan bagaimana? Kita yang gak dijamin surga, lebih-lebih sombongnya? Lucu, bukan!

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang, meski menjelang ending, ada beberapa typo.

Meta morfillah

#reviewbuku

No comments:

Post a Comment

Text Widget