Pages

29 May, 2020

[Review buku] I Know You School

Judul: I Know You - School
Penulis: @misshiday 
Penerbit: STIFIn Institute
Dimensi: xx + 343 hlm, cetakan pertama Januari 2020
ISBN: 9786237612292

#reviewbuku ini mungkin agak sedikit subjektif sebab saya merupakan salah satu kontributor menulis di dalamnya, juga ini tentang profesi dan sekolah tempat saya mengajar, dan ada pengalaman serta karya (RPP dan rapor) saya di dalamnya.

Bagi saya: mengajarkan adab pada mereka yang mengira mampu membeli dunia dengan hartanya jauh lebih sulit dibandingkan pada kaum marjinal.

Ya, sejak masuk @sekolah_islam_ibnu_hajar saya merasakan bagai mengajar di langit/komunitas borjuis dan bumi jika dibandingkan aktivitas saya mengajar di @rumahlebahnusantara dengan kawan komunitas @pecintaanakyatim Jakarta.

Ditambah memakai metode #STIFIn makin mumet rasanya di awal. Tapi saat saya aplikasikan #STIFInTeaching dan #STIFInLearning (terutama di jenjang SMP), segalanya terasa lebih mudah.

Saya merasa jauh lebih legowo menerima karakter siswa, partner, wali murid, dan semua orang. Ada ruang husnudzan yang bertumbuh untuk kegagalan idealisme saya. Itu baik. Membuat saya lebih realistis dan ikhlas.

Beragam suka duka dalam mengajar di SIIHA tergambarkan dalam buku ini. Hingga contoh teknis seperti RPP dan rapor STIFIn.

Padahal, saya termasuk yang resisten terhadap STIFIn di awal, sebab sudah banyak metode psikologi yang saya pelajari sebagai R&D di kantor konsultan saya dulu. Makin meremehkan sebab penemunya orang Indonesia. Paradigma saya dulu, semua ilmu kece itu harus berbasis Barat dan bermodul english. Astaghfirullah.

Alhamdulillah Allah pertemukan saya dengan Miss Hiday yang membuat pemahaman saya tentang STIFIn jadi lebih mudah dan aplikatif. Sampai saya bisa inisiatif membreakdown indikator penilaian di halaman 295-303 agar memudahkan partner saya yang #Sensing dalam menilai anak. #Feeling terpanggil memimpin hehe.

Kebahagiaan tersendiri ketika berhasil 'mengkader' orang dengan sebuah ilmu hingga berkarya bersama.

Meski ada beberapa typo, tapi bahasa yang simpel dan aplikatif membuat buku ini tetap sempurna bagi saya.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.


Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget