Pages

14 May, 2018

Perpanjang paspor (Jakarta) di Bogor

PERPANJANG PASPOR (JAKARTA) DI BOGOR

Ternyata, baiknya perpanjang paspor itu 6 bulan sebelum masa berlaku habis.

Caranya:
1. Daftar nomor antrean via WA (nomornya beda per kota, bisa dicek di www.imigrasi.go.id). Nanti dapat nomor booking code dan jamnya. Datanglah 30 menit lebih awal karena harus isi formulir dulu.

Tips: Siapkan segala dokumen asli dan fotocopynya dalam kertas A4 masing-masing 1 buah (KTP, paspor lama bagian depan - kalau perpanjang. Kalau buat baru ditambah KK dan Akte). Juga bawa pulpen hitam dan materai 6000. Kalau ga ada, nanti beli/fotocopy di sana tapi antre lumayan.

2. Ambil formulir di loket permohonan paspor dan isi (gambar 2 dan 3).

3. Antre begitu loket dibuka pukul 08.00 kasih lihat kode booking. Nanti nama kita dicheck seperti di layar dan diberi kertas nomor antrean dalam (gambar 4).

4. Antre untuk foto dan sidik jari. Setelah selesai antre lagi untuk wawancara singkat (ditanya mau ke mana? Kapan? Kenapa perpanjang gak di Jakarta?) dan setelahnya diberi kertas untuk dibayarkan ke Bank BNI atau kantor pos seharga Rp 355.000.

5. Bayar ke bank/kantor pos lalu selesai. Bukti bayarnya disimpan dan dibawa saat ambil paspor. Tunggu 4 hari kerja (kalau buatnya Senin, ambilnya Jumat), untuk kembali ambil paspor yang telah jadi. Yey!

Agak sebal di awal, ikuti gmaps cari kantor imigrasinya diarahkan ke perkampungan belakang pasar warung jambu. Akhirnya nekat ke Taman Heulang soalnya alamatnya di sana. Modal GPS (Gunakan Penduduk Sekitar), nanya-nanya. Ternyata benar, dekat SMKN 1 BOGOR.

Alhamdulillah, administrasi imigrasi selalu ramah dan user friendly. Sampai tukang fotocopynya juga paham dan helpful. Gak kayak waktu buat SIM #curcol

Jadi, yuk kapan kita ke mana? Umrah? Aussie? Bangkok?

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget