Pages

23 October, 2018

[Mentoring] Abdul Rahman Al Ghafiki

ABDUL RAHMAN AL GHAFIKI (TABI'IN)

Beliau adalah gubernur Andalusia (sekarang dikenal sebagai Portugal). Beliau dipilih menjadi gubernur sebab beliaulah satu-satunya orang tua tersisa yang masih punya kekerabatan dengan Umar bin Khattab.

Saat beliau memimpin, dalam tiap peperangan biasanya kaum muslim menang terua. Namun saat balad asy syuhada (perang di Tours, Prancis) malah kalah. Padahal jika saat itu islam menang, islam akan menguasai seluruh eropa, dan mungkin universitas macam Oxford sekarang pun akan mengajarkan tentang Islam.

3 hal yang biasa terjadi dalam peperangan adalah: pertempuran yang berdampak pada perubahan sosial politik, hasilnya berbeda 180 derajat, dan berubah strategi perang.

Dalam perang di Prancis itu, hasilnya sangat berbeda 180 derajat. Mengubah muka dunia yang tadinya hampir dikuasai Islam lalu gagal.

Kegagalan itu pun terjadi sebab ujian harta di hari kesembilan. Tentara Islam malah sibuk mengamankan harta rampasan (ganimah). Sampai beliau (Abdul Rahman Al Ghafiki) turun dan menyuruh tentara Islam kembali ke posisi semula, namun beliau malah terkena panah dan syahid.

Ibrah yang dapat diambil dari biografi beliau:
Tentang ketaatan pada pemimpin. Dengan potensi besar pun, jika kita tidak taat pemimpin, kita bisa kalah.
Ada kalanya yang membuat kita kalah, adalah karena hawa nafsu terhadap kecintaan dunia.

#catatansepemahamanpenulis

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget