Pages

01 August, 2015

[Review buku] The perfect muslimah

Judul: The perfect muslimah
Penulis: Ahmad rifa'i rif'an
Penerbit: PT. Elex media komputindo
Dimensi: xxx + 291 hlm, cetakan ketiga april 2013
ISBN: 978 602 02 0092 7

Setiap wanita muslim pastilah mendamba sosok perfect muslimah. Seperti apakah perfect muslimah yang dimaksud? Tentunya buku ini hanya menhelaskan perfect muslimah menurut kacamata penulisnya, berdasarkan Al quran dan sunnah.  Perfect muslimah tetaplah manusia biasa yang tak luput dari dosa. Hanya saja, kebaikan dan kelebihannya terlampau besar, seolah 'menelan' kesalahan-kesalahan kecil yang pernah dilakukannya.

Menurut buku ini, perfect muslimah haruslah memiliki enam kriteria, yang dipisah menjadi enam bab, yaitu:

1. Brilian otaknya
Ada dua belas kisah yang dibagikan dalam bab ini. Menceritakan amalan dan rahasia kecerdasan otak muslimah dari kisah nyata mereka yang telah berhasil. Antara lain bertekad jadi hafizah (penghafal quran), rajin bersujud, belajar usai tahajjud, sedekah, menetapkan target hidup, mengakrabi buku, tidak cepat merasa puas terhadap ilmu, berani bermimpi muluk serta mewujudkannya dengan aksi, dan menikmati proses pembelajaran.

2. Suci cintanya
Dalam bab ini terdapat sembilan cerita tentang kesucian cinta seorang muslimah. Di antaranya dengan berusaha mendapat restu dari orangtua, senantiasa berbuat baik, membangun cinta dari rasa kagum, memberanikan diri melamar lelaki saleh, mengingatkan suami akan kewajiban menafkahi istri, dan mengikuti proses pernikahan yang diajarkan dalam agama (ta'aruf). Ada juga motivasi tentang menikah dan kisah pernikahan penulisnya yang menginspirasi.

3. Luas pengaruhnya
Ada sebelas kisah dalam bab ini. Berkisar tentang impian, perempuan perkasa yang memperjuangkan kehebatan masa depannya, dakwah muslimah melalui perilaku, mengamalkan apa yang tersampai, profesi yang sesuai untuk muslimah: bukan sekadar gaji, tetapi pekerjaan yang kaunikmati, yang menghasilkan, yang bermanfaat bagi sesama, dan yang disukai Allah--berperan sebagai ibu, berkontribusi bagi sekitarnya dan menulis agar menebar banyak inspirasi.

4. Indah akhlaknya
Ada dua belas kisah dalam bab ini. Di antaranya tentang kemandirian muslimah agar jangan jadi benalu, konsisten menjaga akhlak, memiliki kepekaan sosial, senang berbagi, gigih, jujur, senantiasa bersabar dan bersyukur, dan mau mengabdi.

5. Teduh parasnya
Ada enam kisah dalam bab ini yang menjelaskan tentang paras. Bukan tentang cantik yang menjadi fitnah, melainkan aura kesalehan dan menjaga wudhu sehingga meski tak cantik, wajah muslimah senantiasa sejuk dan teduh dipandang.

6. Teguh imannya
Dalam bab terakhir ini ada lima kisah yang menceritakan perihal keteguhan iman seorang muslimah. Hal yang membuat bidadari pun cemburu pada muslimah serta kubur yang harum karena tauhid yang kuat dan menangkal kehidupan materialistis.

Secara keseluruhan saya menyukai gaya bertutur penulis. Didesain dengan menarik, hampir di semua kisah diawali dengan kalimat inti yang bisa dijadikan sebuah quote. Juga ada beberapa kalimat mutiara di akhir beberapa kisah. Jujur saja, saya merasa gaya bahasa yang ringan, membuat saya mudah menyerap beragam hal untuk menjadi perfect muslimah yang dibicarakan dalam buku ini. Sehingga memotivasi saya untuk mengamalkannya. Hanya saja, prolog yang terlalu banyak dan menurut saya terlalu memberitahu tentang buku ini agak mengganggu.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

"Sering kali yang kusaksikan, akhlak perempuan itu laksana lebah. Yang tak enggan memberi madunya ketika mencinta, dan tak segan menyengat saat terluka."(hlm. 208)

"Sejak lama saya percaya, bahwa mencintai itu keputusan, bukan kebetulan. Cinta akan hadir ketika kita mengizinkan jiwa kita untuk jatuh cinta." (Hlm. 227)

 

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget