Pages

15 August, 2015

[Review buku] Kukila

Judul: Kukila
Penulis: M. Aan mansyur
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 192 hlm, 20 cm, cetakan kedua november 2012
ISBN: 978 979 22 8839 1

Enam belas cerita pendek dengan gaya khas aan mansyur yang begitu puitis. Disertai beragam twist yang cukup mencengangkan di ending. Sebenarnya saat membaca, saya merasakan kemiripan gaya bercerita dengan A. S. Laksana di buku bidadari yang mengembara, namun pilihan diksi aan jauh lebih romantis. Meski berbeda cerita, beberapa cerita dalam buku ini memiliki nama tokoh yang sama, Kukila dan Pilang--Kukila berarti burung dan Pilang berarti pohon. Keduanya bahasa melayu klasik.

Kukila yang menjadi judul buku dan merupakan cerita pendek pertama serta terpanjang dalam buku ini sungguh saya suka. Bercerita tentang sebuah keluarga yang dibangun dengan ketidakjujuran serta beragam rasa yang berkelindan dan disembunyikan. Hanya pohon tua yang menjadi saksi. Selain itu saya menyukai dua cerita pendek lain yang memiliki twist menarik, berjudul 'Celana dalam rahasia terbuat dari besi dan 'Hujan. Deras sekali'. Hampir semua ceritanya berkisar tentang ketidaksetiaan, perselingkuhan dan cinta pada sesama jenis. Sisanya saya suka, tapi lebih ke pilihan kata yang digunakan, bukan ceritanya.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

"Tidak perlu berusaha melupakan pohon mangga itu. Kau harus tahu lupa adalah lahan subur kenangan-kenangan. Biarkan ia mengalir seumpama sungai."(Hlm. 10)

"Masa lalu tidak pernah hilang. Ia ada tetapi tidak tahu jalan pulang, untuk itu ia menitipkan surat--kadang kepada sesuatu yang tidak kita duga. Kita menyebutnya kenangan."(Hlm. 23)

"Ibu, kini aku datang dengan beban yang menambah ringkih pundakmu. Maafkan aku, Ibu. Ke mana lagi seorang anak menumpahkan air matanya selain kepada sungai yang mengalir di pangkuan ibunya?" (Hlm. 47)

"Kau pernah mengatakan, pandai-pandailah memberikan kejutan kepada hidupmu sendiri." (Hlm. 176)

Meta morfillah

1 comment:

  1. Terima kasih sudah membaca Kukila. Salam dari Makassar.

    ReplyDelete

Text Widget