Pages

18 October, 2013

Pencapaian Hal Baru

Empat hari lagi, menjelang episode dua lusinku.

Alhamdulillah.. sejauh ini segala keinginanku kembali terpenuhi. Dengan cara ajaib, tanpa skenarioku, melainkan melalui skenarioNya yang Maha Sempurna. Tantanganku di tahun 2013 ini adalah naik pesawat dan semakin berani tampil di muka umum (public speaking). Insyaa allah, naik pesawat akan ditunaikan sekalian wisata ke luar negeri, tadabbur negeri tetangga. Sedangkan untuk public speaking, aku melatih sedikit-sedikit melalui acara-acara komunitas (walau hal ini masih agak sulit, karena sifat dasarku yang pemalu). Hal lainnya adalah, aku banyak melakukan hal baru, menerobos garis batasku (tentunya masih tetap pada jalurNya),  mencoba melakukan berbagai hal yang tak biasa kulakukan. Contohnya, seperti soundcloud, menghadiri beberapa event yang ramai, membuat lomba tulisan dan melibatkan serta menjadwalkan diri untuk menulis tiap harinya. 

Soundcloud, awalnya aku berpikir “hei, suaramu itu auratmu, Met!”, tapi aku mengoreksi niatku. Suara seperti apakah yang dilarang untuk diumbar. Suara mendesah, merayu dan dilantunkan untuk memikat. Dengan niatan untuk membuat gudang suara puisiku (semacam musikalisasi puisi, namun aku masih sebatas membaca musik diiringi backsound musik instrumental) dan menyanyi bersama rekan kerja guna melepas penat (daripada ke karaoke, mahal, lebih mubazirin uang). Ternyata dari soundcloud aku berhasil mengabadikan kenangan. Yang paling berasa adalah, karaoke bersama ka mia dan ka lili yang tak lama kemudian resign. Dengan mendengarkan rekaman itu lagi,  terutama saat aku down atau butuh motivasi, aku jadi tertawa, semangat kerja lagi.

Menghadiri beberapa event yang ramai oleh manusia, biasanya aku menghindari hal tersebut. Aku jauh lebih menyukai ketenangan. Menyimak desau angin, tarian awan, langkah semut dan lainnya dibandingkan berada dalam kerumunan manusia terutama gadget. Tapi aku berhasil mengikuti beberapa kopdar (yang dahulu sangat aku hindari, karena takut berkenalan dengan orang tak dikenal. Tapi tak kenal maka ta’aruf toh! Hehe),  event socmed, dan bekerja sama untuk sebuah event kepenulisan (Pesta Literasi 2013).

Membuat lomba tulisan berhadiahkan dua buah buku, seminggu menjelang miladku. Haha… andai kau tahu seberapa besarnya aku menghindari hari miladku, bahkan aku seringkali tak mau mengingatnya. Mengapa? Karena aku ingat banyak sekali kewajiban serta tuntutan dunia akhirat yang belum aku tunaikan. Mengingatkanku aku akan mati… di mana saja, sebelum atau sesudah pencapaian usia baruku. Tapi kali ini, aku coba berdamai dengan mengadakan “lomba ucapan selamat ulang tahun tanpa kata ulang tahun”  agar mereka mengucapkan milad sebelum hari miladku sesungguhnya. Sehingga aku tidak akan menerima ucapan milad di tanggal 22 Oktober, hari miladku sesungguhnya. Hahaa… aku alergi dengan surprise, kikuk, dan bingung menghadapi berbagai ucapan tersebut. Aku adalah badut yang payah. Tapi kalau menertawakan kehidupanku sendiri, akulah jagonya! 

Terakhir, disiplin menulis #1Hari1Tulisan adalah pencapaian terbesarku. Mengapa? Karena di waktuku yang berkurang, aku malah semakin giat. Bahkan pulang kerja, bangun tidur yang aku ingat adalah harus menulis dahulu, baru aku dapat bekerja dengan fokus. Aku semakin kecanduan. Yaah.. walau tulisanku tidak karuan. Macam tulisan ini. Tapi aku senang, aku bahagia tiap harinya. Aku semakin jeli menangkap ide yang berkeliaran di otakku. Tak jarang fluktuasi otakku meningkat tajam ketika aku sedang di perjalanan atau di kamar mandi. Rasanya banyak sekali yang ingin dituangkan, menarik, walau asal saja dulu. Yaa.. aku menulis saja dulu. Nanti ketika aku iseng atau ada waktu, aku baca lagi tulisan asalanku ini, lalu aku kembangkan menjadi sebuah cerita. Bahkan bisa beberapa cerita dari tulisan refleksi kegiatanku sehari. 

Mencapai sesuatu yang sudah ditetapkan, terutama dalam keadaan tidak luang, mendesak, dan terpaksa adalah hal yang sangat membanggakan. Aku bangga, masih dapat menulis di sela waktuku yang terforsir oleh kerjaan, tumpukan email dan berbagai desain koran, website, dll. 

Terima kasih ya Allah, aku telah kau berdayakan.
Terima kasih ya Allah, kau mengasahku seperti intan.
Semoga aku sampai pada usia dua lusinku.
Aamiin..

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget